berita hari ini.......

Polisi Tangkap Pelaku Pembunuhan Gadis Didesa Pak Mayam

Kapolres Bersama Wartawan Landak Diskusi Perangi Pemberitaan Mengarah Ke Hoaks


Poto:kapolres dan Jajaran bersama sejumlah Ikatan Wartawan Online Landak

Landak (SOROT POST) - Jajaran Polres dan Ikatan Wartawan Online (IWO) Landak lakukan diskusi intensif guna memerangi hoaks yang sering memicu konflik dan hal negativ lainnya di tengah masyarakat.

“Saya sangat berharap agar para wartawan dapat membantu mencegah, mereda dan memerangi  pemberitaan yang mengarah ke hoaks tersebut dengan pemberitaan yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan” ujar  Kapolres Landak AKBP Ade Kuncoro, dihadapan para awak media dan jajaran Polres, Jumat (6/3/2020).

Kapolres juga mengingatkan kepada para wartawan dalam melakukan tugas jurnalistiknya selalu berpedoman dengan etika jurnalistik, sehingga produk pemberitaan yang dihasilkan terhindar dari persoalan hukum, karena adanya komplain dari pihak yang merasa dirugikan. Pada kesempatan tersebut, Kapolres juga berharap bantuan dan masukkan  serta kerjasama dari para jurnalis IWO Landak dalam mempublish giat Polres – Polsek melalui humas Polres Landak.

Ketua IWO Landak, L. Sahat Tinambunan dalam dialog tersebut mengharapkan agar dalam menangani perkara Pers lebih mengedapankan UU PERS Tahun 1999, bukan UU lainnya seperti UU ITE.

“Kita sangat berharap jika ada pihak-pihak yang merasa berkeberatan terhadap pemberitaan dan melaporkan ke kepolisian, maka penyelesaian lebih ke UU Pers yaitu hak jawab atau klarifikasi atau menyampaiakan keberatan ke Dewan Pers. Dan untuk itu IWO siap memfasilitasi” ujar Sahat.

Menutup acara dialog, Kapolres Landak berharap agar diskusi antara IWO dan Kapolres diagendakan secara rutin untuk menyikapi dinamika perkembangan informasi yang terjadi dimasyarakat yang sedang viral seperti pada kasus virus carona yang sedang hangatnya dan memunculkan pemberitaan yang menyejukkan dan mengkonter informasi yang meresahkan (Nes)