berita hari ini.......

Bupati Landak Alokasikan 20 Milyar lebih Untuk Penanganan Virus Corona Di Landak

Karolin: Kades Harus Mampu Memiliki Kemampuan Manajemen


poto:Karolin Bupati Landak lantik kades Bilayuk Mempawah Hulu

Mempawah Hulu Landak (SOROT POST) - Untuk memaksimalkan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan desa, Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa kembali memberikan instruksi terkait pemerintahan desa. Hal ini disampaikan Bupati Landak dalam sambutannya saat melantik Kepala Desa Bilayuk yang mengalami pergantian antar waktu (PAW), Senin (03/02/20). Kegiatan yang diselenggarakan dalam lokasi SDN Bilayuk ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Landak, DWP Kabupaten Landak, Danyon Armed 16/Komposit Ngabang, Camat Mempawah Hulu, Kepala Badan, Dinas, Kantor Pemkab Landak, Forkopimcam Mempawah Hulu serta masyarakat Desa Bilayuk.

Usai melantik Lidia Sekar Sari menjadi Kepala Desa Bilayuk, dalam sambutannya Bupati Landak menekankan bahwa kepala desa harus mampu mengelola dan memanfaatkan keuangan desa dengan baik.

“Seorang kepala desa harus memiliki kemampuan manajemen secara baik, menyampaikan laporan keuangan secara tepat waktu juga dengan transparan dalam pengelolaan keuangan desa dan ini bukan hanya untuk kepala Desa Bilayuk tapi semua kepala desa di Kabupaten Landak,” tegas Bupati Landak.

Hal ini ditegaskan mengingat dana yang disalurkan untuk desa pada tahun 2020 ini sangat besar. Sehingga Kepala Desa harus memiliki kemampuan, ketepatan, ketelitian, serta membutuhkan suatu pertimbangan dalam berbagai aspek sosial kemasyarakatan dalam menentukan arah kebijakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Karolin juga mengimbau supaya kepala desa senantiasa memberikan pelayanan yang baik kepada seluruh masyarakat tanpa adanya diskriminasi.

“Tentunya dalam bertugas, kepala desa tidak sendirian karena ada aparat desa yang dapat membantu. Jalinlah hubungan yang baik dengan mereka (aparat desa) juga masyarakat. Berikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya,” imbau Karolin.

Selain itu Karolin juga berpesan kepada masyarakat supaya senantiasa berperan aktif dalam program pemerintahan desa sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

“Bilamana ada program dari pemerintah, kami minta masyarakat juga selalu aktif dalam berkontribusi. Berikan sumbangan berupa pikiran yang membangun serta berperan aktif disemua bidang pembangunan untuk kemajuan Kabupaten Landak,” tuturnya.

Sementara itu salah satu warga Desa Bilayuk yang dimintai keterangan terkait kepala desa yang baru berharap supaya melayani masyarakat dengan program kerja yang bagus.

“Secara umum kami melihat kades yang baru sudah cukup bagus, selain itu kami juga berharap kepada beliau kiranya dapat melayani masyarakat dengan baik. Kemudian memberikan program-program kerja yang bermanfaat bagi warga. Dengan demikian apa yang menjadi impian kita bersama dapat terlaksana dengan baik,” jelas Yohanes.(nes)