Selasa, 19 November 2019

Sorot Post

Penataan Kota Ngabang Membutuhkan Waktu 5 Sampai 20 Tahun

poto: Kondisi Pasar jati Ngabang Yang Sembraut

Landak (SOROT POST)-  Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat yang terdiri dari 13 Kecamatan dari 156 desa, saat ini  pada tahun 2019 sudah berusia 20 tahun.
Usia Kabupaten Landak yang bukan lagi muda perlu digarap dengan bermacam-macam konsep untuk menjadikan Kabupaten Landak yang maju, berkembang, tertata, dan mempunyai nilai kesan cerita ketika banyak pengunjung wisata baik dalam dan luar daerah datang Kabupaten Landak yang jantungnya adalah kota Ngabang.
Kabupaten Landak yang Jantungnya adalah kota Ngabang jangan sampai kesan ketika wisatawan datang ke Kabupaten Landak melihat kota Ngabang seperti pemukiman Kecamatan yang tidak ada yang menarik dilihat seperti contoh, penataan kota, pelebaran jalan atau bahkan  menjadi  kota Ngabang  gelap Gulita yang seolah-olah tidak ada yang memperhatikan.
Menurut Yance Kabid Penataan Ruang Dinas PU dan Penataan Ruang Kabupaten Landak, menyebutkan, penataan tata ruang kota didasari dengan berdasarkan Undang-undang nomor 26 tahun 2007 tentang penataan ruang yang seyogianya dari dinas PU sudah membuat tata ruang yang integrasi dengan Rencana tata ruang wilayah kabupaten dimulai dengan RTRW terlebih dahulu.
poto: Jalan daerah bundaran pal 2 Ngabang

Yance mengatakan, ada satu tugas yang menjadi tugas pokok Pemerintah adalah pemenuhan 20 persen ruang terbuka hijau untuk luas deliniasi perkotaan ngabang, karna luas yang harus disiapkan untuk ruang terbuka hijau 787 ha yang harus disiapkan.
" sesuai dengan amanat undang undang karna daerah harus menyiapkan 30 persen ruang terbuka hijau dan 20 persen ruang terbuka publik dan 10 persen  untuk privat, dan 20 persen yang disiapkan oleh pemda, 10 persen pemukiman masyarakat," Pungkas Yance.
banyaknya Regulasi dan syarat-syarat dalam melakukan penataan tata ruang kota yang harus dipenuhi, Yance menilai,  bahwasannya   tim OPD lah melakukan penyusun penataan kota ngabang, sekarang masih dalam tahap penyusunan belum ke Perda, ulas Yance.
seperti yang disampaikan Yance dinas PU Kabupaten Landak pada tahun 2019 ini sekarang sudah menyiapkan ruangan pemanfaat dan pengendalian ruang, sedangkan untuk eksekusinya adalah bidang pertanahan.
"Untuk perencanaan pembangunan kemungkinan  5-20 tahun kedepan dan sudah masuk direnstra masing-masing OPD yang mengusulkan sepanjang 5-20 tahun nanti, dan OPD harus masukan direnstra sesuai dengan kesepakatan bersama. Sedangkan untuk tahun 2020 kegiatan yang dilakukan untuk penataan ruang kota Ngabang Kabupaten Landak kemungkinan fokus pada Peraturan Daerah (Perda), Ujar Yance.
Yance menyebutkan untuk pembahasan konsep Penataan Kota Ngabang Kabupaten Landak, sudah lama dari sejak tahun 2013 sudah disusun dan kendalanya karna lintas sektor ada syarat-syarat yang dipenuhi. Harapan kita zona-zona yang sudah ditentukan tidak lagi sembraut lagi, sebut Yance (6/11/2019) pekan lalu.
Penataan tata kota Ngabang Kabupaten Landak  masih harus mendapatkan penanganan yang serius agar tercapainya visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Landak (Nes)

Sorot Post

About Sorot Post

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :