Jumat, 06 September 2019

Pemkab Landak Evaluasi kegiatan Desa Fokus Didesa Sempatung

poto:kegiatan sosialisasi desa Fokus didesa Sempatung didusun kuningan Selasa (3/9/19) 

Landak (SOROT POST)- Pemerintah Kabupaten Landak melaksanakan kegiatan kunjungan tim desa fokus didesa Sempatung kecamatan Air Besar yang dimulai tanggal 3 sampai tanggal 5 Semptember 2019.
Kegiatan Desa Fonus didesa Sempatung Kecamatan Air Besar selama tiga hari adalah untuk mengevaluasi program Pemerintah mulai dari tahun 2017 hingga tahun 2019 yang sedang berlangsung dengan dihadiri oleh beberapa SKPD Pemerintah Kabupaten Landak diantaranya Dinas DSPMPD 5 orang yakni  Sustri Sasmita, Ida Suryani, Riasto, Neri, dan meri sedangkan Dinas Pertanian yang diutus Pasila, Dinas Perkebunan yakni Mulyadi, Dispora yang diutus Pama Jubata, Satpol PP yang diutus Karolus Luangga, Diskominfo yang diutus Anastasi Fransiska dan Tarmizi,  Dinas Kesehatan yang diutus Agung, Bappeda yang diutus Petrus dan TP PKK yang diutus Melly Dan Sandra.
Kunjungan tim desa Fokus didesa Sempatung pada tanggal 3 September 2019 sore disambut baik oleh Kepala Desa, kepala dusun, BPD, RT dan warga dusun kuningan setempat.
poto: kegiatan sosialisasi desa fokus desa sempatung di dusun Kuang malam rabu (4/9/19)

Pada pukul 19:30 malam, acara kegiatan sosialisasi dan evaluasi desa fokus yang diselenggarakan digereja PPIK kuningan dengan dihadiri sebanyak 71 kepala keluarga.
Berdasarkan pantuan media ini, kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar dan disela-sela acara sosialisasi evaluasi desa fokus, sebagai tamu undangan dari Pemerintah Kabupaten Landak dengan menghadirkan pendeta mesakh Amen didesa Sempatung, Mesakh Amen menceritakan pengalamannya dengan bermodal pengetahuan dasar ilmu teknik mesin, belajar turbin di google, walaupun banyak kegagalan yang harus dilakukan, lewat perjuangan yang gigih dan tekun perjuangan mesahk Amen mulai menuai hasil tahun 2015 dan pada akhirnya listrik bisa dinikmanti oleh warga lawek, atau warga kuningan.
Mesak Amen,  bukan cuma listrik yang diurusnya tapi melalui ekononi masyarakat yang ada disana melalui tanaman markisa.
poto: Sosialisasi desa fokus didusun kuningan yang dilaksanakan di Gereja PPIK kuningan

"  Perkembangan yang dirasakan didesa Sempatung Lawek setelah listrik dan masyarakatpun memperdayakan tanaman buah markisa, saya punya kebahagian yang luar biasa kalau masyarakat mulai mengalami perubahan yang baik apalagi dengan diadakan  kegiatan evaluasi desa fokus didesa sempatung agar bisa memotivasi warga agar lebih giat dalam budidaya pertanian," tutur Pendeta Mesahk Anem dalan sambutannya.
ditempat yang berbeda pada jumat (4/9/19) malam didusun kuang desa sempatung tim desa fokus diadakan juga kegiatan sosialisasi desa Fokus dikantor Desa Simpatung yang dihadiri oleh, kelompok Bumdes, Kades,Kadus, RT, tokoh agama, tokoh pemuda dan masyarakat setempat.
Dalam acara sosialisasi menurut ibu Ida Suryani dari DSPMPD menyebutkan agenda yang dilaksanakan adalah pengelolaan desa tentang desa percontohan dan pengelolaan Bumdes.

"Untuk tahun 2022 sesuai arahan Ibu Bupati dari 156 desa dikabupaten Landak wajib memiliki bumdes salah satu diantaranya adalah desa Sempatung oleh sebab itu mulai dari sekarang, pak kades dan pendamping tolong dibina desanya dan untuk membuat vidio inovasi desa akan dilombakan pada tahun 2020 dan wajib di ikuti 156 desa, dan jika desa tidak membuat vidio inovasi desa maka akan didenda dengan pemotongan ADD sesuai komitmen Ibu Bupati" ujar Ida Suryani.
sedangkan menurut Pasila dari perwakilan dinas pertanian dan ketahan pangan kabupaten landak menyebutkan pada tahun 2020, desa Sempatung Pemerintah Kabupaten Landak mengkucurkan  program bantuan dengan memberi bibit jagung, bawang putih, padi ladang pada Petani dengan syarat dan ketentuan melalui proposal yang diajukan dari petani.
"Kalau saya lihat didusun kuang ini, komoditi masih bisa dikembangkan seperti jahe dan itu berhasil dan bisa dilanjutikan kembali sebab pasarannya juga masih ada, sedangkan untuk jagung sepertinya berat diongkos dari jarak tempuh dari Sempatung menuju ke singkawang," papar Pasila.

selanjutnya disebutkan juga oleh Mulyadi dari Dinas Perkebunan kabupaten Landak bahwa Pemerintah berupaya membantu masyarakat petani Desa Sempatung agar dapat mengembangkan bantuan bibit untuk bisa berkembang dan berhasil dengan  harapan masyarakat bisa membuat proposal, bukan hanya melalui bumdes tapi juga bisa melalui kelompok Gapoktan, harap Mulyadi.
Seiring berjalannya kegiatan sosialisasi, Dinas Kominfo melalui  Tarmizi mengatakan kepada masyarakat desa Sempatung didusun kuang sekarang sudah bisa berkomunikasi melalui telpon, meskipun jaringan internet belun ada, tapi mudahan kedepannya Pemerintah Kabupaten Landak melalui dinas Kominfo bisa menambahkan jaringan internet untuk dusun kuang ini agar bisa mengakses informasi melalui aplikasi internet, pungkas Tarmizi.

Dalam penyampaian Ibu Sandra TP PKK hal yang sama disampaikan agar masyarakat Dusun Kuningan dan dusun Kuang desa Sempatung bisa untuk dapat memanfaatkan pekarangan rumah dengan menaman sayur-sayuran dan buah-buahan agar masyarakat bisa menghemat biaya keuangan.
Dan begitu disampaikan Agung dari Dinas Kesehatan,  mungkin masih ada masyarakat yang belum memiliki kloset dirumahnya, jikalau masyarakat mau memiliki kloset, dinas Kesehatan  akan memberi cetakan kloset, imbuh Agung.

Satuan Polisi Pamong Praja yang turut hadir dalam kegiatan evaluasi desa fokus didesa Sempatung yang diwaliki karolus Luangga mantan camat kecamatan Air Besar, hanya sebatas memberi arahan kepada masyarakat desa Sempatung tentang mekanisme aturan hukum secara khusus didesa, dan berharap agar masyarakat untuk turut andil dalam membantu dan bekerjasama mulai dari tingkat desa, Kecamatan bahkan tingkat kabupaten untuk mendukung Pemerintahan dalam pembangunan untuk masyarakat lebih maju dan mandiri.

Kegiatan Sosialisasi Evaluasi desa Fokus didesa Sempatung Kabupaten Landak selama tiga hari dari laksanakan dari tanggal 3 -5 september 2019 dari dua Dusun Desa Sempatung. Kegaitan Yang berlangsung selama tiga hari disambut baik oleh masyarakat, perangkat Desa dan hingga kepala Desa Sempatung dengan harapan pendampingan desa fokus selama ini supaya masyarakat termotivasi untuk mengembangkan diri didalam desa secara khusus dalam sektor pertanian dan perkebunan dan juga dapat memberikan pengalaman baru kepada masyarakat untuk lebih melihat kepada arah kemajuan apalagi dengan adanya dana desa ini.

"kami bersyukur disetiap bidang pembangunan yang didanai dana desa berjalan dengan baik apalagi dengan adanya pendampingan desa fokus ini tentu membawa manfaat yang sangat besar dibidang pertanian perkebunan, dibidang parawisata dan SKPD yang lain tentu juga membawa informasi dan pengalaman baru bagi masyarakat, jadi selama ini kami rasakan selama tahun 2018 pendampingan desa fokus kami rasa cukup bermanfaat karna selama ini dengan adanya desa fokus ini banyak kelompok-kelompok tani yang tergerak dan termotivasi untuk mengembangkan diri dengan berbagai jenis tanaman contohnya dibidang kebun jahe,dan kebun sayuran," papar Timotius kades Senpatung.
Timotius juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Landak terutama bagaimana melatih masyarakat dibidang pertanian dan itu yang kami harapkan apalagi kelompok tani ada 7 supaya mereka tidak lagi bercocok tanam seperti yang selama mereka lakukan dengan cara yang ada dikampung, tapi dengan adanya dinas terkait akan mengubah pola pikir dan tata cara bercocok tanam dan berkebun dengan baik sesuai dengan standar yang ada, pinta Timotius (Nes)

Menerima Semua Jenis Pemasangan Iklan