Jumat, 26 Juli 2019

Sorot Post

Menelan 5 Milyar Pasar Kota Ngabang Akan Diperbaiki Kembali

 


Poto:kondisi Pasar kota Ngabang

NGABANG-Pemerintah Kabupaten Landak akan segera melakukan perbaikan jalan diseputaran pusat pasar Ngabang, mulai dari jalan Pasar Baru 2 sepanjang 57,2 m, Jalan Veteran 170 m, dan Jalan Pasar Laut sepanjang 700 m. Saat ini Pemda Landak sudah menyiapkan dana sebesar 5 Milyar rupiah yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) untuk melakukan perbaikan di tahun 2019.

Sebelum melakukan perbaikan jalan, Pemda Landak melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang telah melakukan sosialisasi perencanaan kepada warga yang tempat tinggalnya akan terkena dampak perbaikan. Sosialisasi digelar di gedung Yayasan Hati Suci Ngabang jalan Pasar Baru Desa Hilir Kantor, Jumat (26/7/2019).

Dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Landak Erani,ST,MT, sosialisasi dihadiri oleh Camat Ngabang Yully Nomensen, Kepala Desa Hilir Kantor Yohanes, konsultan pengawas dari CV.Citra Multi Dimensi,  dan masyarakat setempat.

Melihat kondisi jalan dan drainase disekitar pasar Ngabang ini sudah sangat rusak dan menjadi penyebab utama terjadinya banjir, Erani selaku Kepala Dinas PUPR Kabupaten Landak menyampaikan bahwa dengan dana yang ada Pemda Landak dalam waktu dekat akan segera melakukan perbaikan jalan diwilayah tersebut.

“Kegiatan ini harusnya dilaksanakan tahun 2018 dengan penganggaran dari Pemerintah Provinsi, tapi dalam prosenya hal itu tertunda, atas kebijakan Ibu Bupati Landak akhirnya tahun 2019 dianggarkan sementara 5 Milyar,” ujar Erani.

Erani juga menyampaikan perlunya dilakukan sosialisasi perencanaan ini agar masyarakat bisa mengetahui akan dilakukannya perbaikan sehingga masyarakat bisa memberikan masukan kepada pemerintah daerah.

“Kegiatan ini tidak serta merta ada dana langsung dibangun, tetapi harus melalui proses perencanaan, Sosialisasi ini artinya menyampaikan rencana kegiatan pembangunan supaya masyarakat setempat mengetahui,” tukas Erani.

“Silahkan nanti Bapak/Ibu berikan masukan, sehingga masukan itu menyempurnakan perencanaan yang sedang dibuat,”tambahnya.

Setelah menyelesaikan urusan tender rencananya perbaikan akan dimulai September mendatang dan diperkirakan rampung pada November 2019 mendatang.

“Saat ini semua persyaratan dan tender masih dalam proses, target kita bulan September tahun ini mulai pengerjaan dan diperkirakan rampung  akhir November,” pungkas Erani.

Sementara itu Camat Ngabang Yully Nomensen mengungkapkan kondisi jalan yang rusak sangat mempengaruhi turunnya aktivitas ekonomi masyarakat.

“Terkait pasar Ngabang ini saya lihat aktivitas ekonominya agak lesu, salah satu aspek yang mempengaruhi ini adalah masalah jalan yang rusak dan becek orang jadi malas belanja,” kata Nomensen.

Dengan adanya rencana perbaikan dari Pemda Landak, Camat Ngabang itu mengharapkan dukungan dari masyarakat agar pembangunan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Kita sangat bersyukur Pemda Landak melalui Dinas PUPR yang sudah menyiapkan dana untuk perbaikan oleh karena itu wajib kita dukung,” ujar Nomensen. (Nes)

Sorot Post

About Sorot Post

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :