Kamis, 13 Juni 2019

Sorot Post

Ada 3 Perkebunan Kelapa Sawit Dilandak Belum Memiliki HGU

 

poto ilustrasi perkebunan kelapa sawit

LandaK (SOROT POST)-Ada beberapa Perusahaan perkebunan kelapa sawit di Landak Kalimantan Barat yang belum membayar kontribusi BPHTB kepada pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Landak.
Menurut Kepala kantor pertanahan Kabupaten Landak, Saumurdin, SH saat dikonfirmasi  di kantornya di jalur 2 Ngabang Kabupaten Landak Selasa (11/6/2019) menjelaskan, 3 perusahaan perkebunan yang sampai saat ini belum memiliki HGU yakni PT. Putra Indotropikal yang berlokasi di Kecamatan Ngabang,  PT. Indoresin Putra Mandiri yang berlokasi di Kecamatan Ngabang, Kuala Behe dan Jelimpo serta PT. Pratama prosentindo yang berlokasi di Kecamatan Ngabang dan Menyuke.
Menurutnya,  52 perusahaan perkebunan sawit yang masuk berinvestasi di Kabupaten Landak Kalimantan Barat, 3 diantaranya sampai saat ini belum memiliki Hak Guna Usaha (HGU), 17 perusahaan HGU nya masih dalam proses dan 1 perusahaan perkebunan hanya sebagian saja memiliki HGU dikarenakan ijin lahannya bermasalah.
Dari 17 perusahaan perkebunan HGUnya masih dalam proses di antaranya PT. Agro Nusa Investama, PT. Daya Landak Plantation,  PT. Perkebunan anak Negeri Pasaman, PT. Malindo persada khatulistiwa, PT. Maiska Bhumi Semesta dan PT. Surya Jaya Selaras.

Selain itu, jelasnya kembali, PT. Citra Niaga perkasa, PT. Palma Megah Mulia, PT. Palma Asri Sejahtera, PT. Bamboe Jaya Platation, PT. Gemilang Sawit Kencana, PT. Nasional Plantation, PT. Adro Mulia Perkasa, Bersatu Kita Makmur, PT. Kusuma Mentari Makmur, PT. Borneo Khatulistiwa pratama dan PT. Prakarsa Tani Sejati.

Sedangkan perusahaan perkebunan PT. Hilton Duta Lestari yang berlokasi di Kecamatan Menjalin dan Mempawah Hulu hanya memiliki, HGU sebagian saja dikarenakan lahannya bermasalah dan 31 perusahaan perkebunan sudah memiliki HGU, dan Sebelum perusahaan perkebunan mendaftarkan HGU di kantor pertanahan Kabupaten Landak, pihak perusahaan harus membayar kewajibanya berupa BPHTB kepada pemerintah daerah Kabupaten Landak, kata Saumurdin.

Dalam keterangan  Alpius Kadis Dinas Perkebunan Kabupaten Landak (13/6/19) pagi, menerangkan bahwa perusahaan perkebunan yang berada di Kabupaten Landak Kalimantan Barat  sampai saat ini belum memiliki Hak Guna Usaha (HGU) yakni PT. Putra Indotropikal (PI) yang berlokasi di Kecamatan Ngabang,  PT. Indoresin Putra Mandiri (IPM) yang berlokasi di Kecamatan Ngabang, Kuala Behe dan Jelimpo serta PT. Pratama Prosentindo (PP) yang berlokasi di Kecamatan Ngabang adalah perusahaan yang tergabung di Wilmar Group, terangnya.

"Pemerintah Kabupaten Landak melalui dinas perkebunan sudah menyampaikan kepada pihak perusahaan agar mengajukan Hak Guna Usahnya kepada Badan Pertanahan Nasional. Dengan adanya HGU ini agar supaya ada kepastian hukum di antara pihak perusahaan dengan petani plasma penyerah lahan," jelas Alpius.

Selain itu, Kalau perusahan perkebunan sudah ada HGUnya, berarti ada kontribusi dari pihak perusahaan kepada pemerintah Kabupaten Landak terutama dari BPHTBnya. Dampak lainnya,  kalau perusahaan perkebunan belum memiliki HGU, ini juga dapat memicu konplik antara perusahaan dengan masyarakat penyerah lahan, tambah Alpius yang di dampingi Kapala Bidang Pembinaan perkebunan dinas perkebunan Kabupaten Landak, Siswandi.

Sedangkan menurut Kepala Bidang pembinaan perkebunan, Siswandi menambahkan, sesuai dengan permentan 98 pasal 40 perusahaan perkebunan yang sudah memiliki IUP itu wajib menyelesaikan proses administrasi seperti hak atas tanah.

Siswandi menjelaskan, terkait dengan HGU ini, sudah ada surat edaran dari Bupati Landak untuk mendorong perusahaan perkebunan mengurus HGUnya. Beberapa bulan yang lalu, dinas perkebunan dan dinas pendapatan daerah juga telah mengundang pihak perusahaan perkebunan yang ada di Kabupaten Landak untuk mempercepat proses HGU.

Dengan sudah adanya HGU perusahaan perkebunan, pemerintah Kabupaten Landak juga mempunyai kepentingan kontribusi dari pihak perusahaan perkebunan dengan adanya BPHTB tersebut," jelas Siswandi seraya.(Man/Nes)

Sorot Post

About Sorot Post

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :