Jumat, 03 Mei 2019

Sorot Post

KPU Landak: Terlapor Harus Menerima Putusan Dalam Pleno KPU Nanti.

 

poto"Sidang Administratif Bawaslu Kab.Landak

Landak (SOROT POST)- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Landak menggelar sidang Administratif secara cepat di kantor Bawaslu Kabupaten Landak pada Kamis (2/5/2019).

Ketua Bawaslu Kabupaten Landak, Petrus Kanisius saat di wawancai media ini mengatakan, berawal mendapat laporan dari salah satu caleg partai Nasdem dapil 1 Ngabang-Jelimpo nomor urut 3 merasa perolehan suaranya dirugikan soal data di C1

Berdasarkan laporan tersebut, Bawaslu Kabupaten Landak mengkaji. Kemudian dari terlapor itu juga kita kaji dan dari semua ini Bawaslu Kabupaten Landak mengambil suatu putusan.

Bedasarkan putusan Bawaslu tersebut menyatakan dengan sah dan menyakinkan bahwa PPK Ngabang telah melakukan pelanggaran administrasi pemilu.

Sedangkan isi poin kedua dalam putusan Bawaslu memerintahkan KPU Kabupaten Landak untuk memperbaiki salinan formulir model DA 1 DPRD Kabupaten/kota, dengan mencocokan dan atau mengoreksi formulir model DA 1 plano DPRD Kabupaten/kota.

Formulir model DAA 1 plano DPRD Kabupaten/kota formulir model C 1 DPRD Kabupaten/kota hologram dan formulir model C 1 plano DPRD Kabupaten/kota di TPS 3,4,6,7,8,9,14,16,18,20,22,23,24,27,28,29,30,32,35 dan TPS 44 Desa Hilir kantor Kecamatan Ngabang untuk partai Nasdem. Demikian agar putusan ini dilaksanakan pada saat rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara di tingkat Kabupaten pemilihan umum Tahun 2019.

Sementara Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Landak, Herculanus Yakobus mengatakan, dari hasil sidang administrasi Bawaslu, perintah Bawaslu Kabupaten Landak kepada KPU Landak untuk mencocokan plano C1 teli yang ada di KPU Landak.

Nah apakah data dari terlapor itu sama dengan C1 plano teli maka, itu akan diakomudir. Tetapi jika ternyata C1 plano teli berbeda dengan data yang di miliki oleh terlapor, terlapor juga harus menerima putusan itu di dalam pleno KPU nanti.

Pada saat pleno, kita akan melakukan persandingan data, dan putusan ini bukan mengurangi atau menambah suara seseorang caleg yang besangkutan akan tetapi perintah dari Bawaslu adalah mencocokan data.

” Kenapa masalah ini ditarik di KPU, karena PPK sudah harus menyelesaikan seluruh rekapitulasi. Ini hanya pencocokan plano, maka seluruh suara caleg partai Nasdem yang ada di dalam plano tersebut akan terkoreksi semua,” jelas Yakubus.

Dari hasil pantauan media ini, ratusan anggota dari Polres Landak yang di pimpin langsung Kapolres Landak, AKBP. Bowo Gede Imantia berjaga-jaga mengamankan jalannya sidang adminitratif tersebut. (Nes/ Sartiman/Stategi.co.id)

Sorot Post

About Sorot Post

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :