11,6 Milyar Ruas Jalan Sekadau-Rawak Segera Diperbaiki

poto:Rapat Dinas PU Sekadau

Sekadau (SOROT POST) - Ruas jalan Sekadau-Rawak akan segera dilakukan perbaikan pada tahun ini juga.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Sekadau, Akhmad Suryadi, Rabu (15/5).

"Mudah-mudahan sebelum lebaran sudah selesai kontraknya," kata Akhmad Suryadi.

Proyek tersebut didanai oleh APBD Provinsi Kalbar tahun 2019. Nilainya 11,6 miliar rupiah.

Akhmad menjelaskan, ruas jalan Sekadau menuju Rawak, Nanga Taman dan Nanga Mahap merupakan kewenangan pemerintah Provinsi Kalbar.

Pemkab Sekadau, kata dia, tidak memiliki kewenangan untuk membiayai pembangunan jalan tersebut. Jika dipaksakan, maka akan berurusan dengan hukum.

"Bukan berarti Pemkab tidak mau. Tapi status jalan itu memang merupakan kewenangan pemprov. Kalau Pemkab yang menganggarkan akan menyalahi aturan," jelasnya.

Namun demikian, lanjut Akhmad, Pemkab Sekadau tidak begitu saja tutup mata.

Salah satu upaya untuk memberikan kenyamanan pengguna jalan Sekadau-Rawak yakni dengan menggandeng perusahaan-perusahaan kelapa sawit untuk proaktif merawat ruas jalan itu.

"Pemkab tetap berusaha, berkoordinasi dengan Pemprov. Kita tidak ingin karena membantu masyarakat malah ujung-ujungnya berurusan dengan hukum," pungkasnya.

Selain ruas jalan Sekadau-Rawak, Pemprov Kalbar juga menganggarkan pembangunan jembatan Batang Rawak sebesar 6,5 miliar, pemeliharaan jalan Rawak-Nanga Taman-Nanga Mahap sebesar 2,7 miliar, serta ruas jalan Balai Sebut-Balai Sepuak-Seburuk.

Total dana yang dikucurkan pemprov Kalbar untuk pembangunan infrastruktur bidang pekerjaan umum di Kabupaten Sekadau tahun 2019 berjumlah 32 miliar rupiah. (Benidiktus/IWO)
Pasang Iklan Murah Hanya Disini !