Kamis, 25 April 2019

Desa Caokng Kecamatan Mempawah Hulu 2 TPS Menggelar PSL

poto:Pemilu 

Landak (SOROT POST)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Landak hari ini akan menggelar Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) Pemilu 2019. PSL itu akan dilaksanakan di dua TPS di Desa Caokng Kecamatan Mempawah Hulu yakni TPS 1 dan TPS 7.

Menurut Komisioner KPU Landak, Tarmizi mengaku jika KPU Landak sudah menyiapkan semua logistik Pemilu terkait dengan PSL itu.

"Logistik Pemilu seperti surat suara dan sebagainya sudah kita drop ke TPS bersangkutan. Hari ini kita tinggal melaksanakan PSL saja, " ujar Tarmizi, Kamis (25/4).

Dikatakannya, PSL dilakukan di dua TPS itu dikarenakan terjadinya kekurangan surat suara pada pelaksanaan pemungutan suara pada 17 April lalu.

"Mudah-mudahan pada pelaksanaan PSL nanti dapat berjalan lancar dan aman, " harapnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Landak, Petrus Kanisius mengatakan, berdasarkan hasil pengawasan ditingkat desa, PTPS dan staf di Bawaslu Landak, ternyata di dua TPS di Dusun Caokng Kecamatan Mempawah Hulu yakni TPS 07 dan 01 ada terjadi kekurangan surat suara pada hari pemungutan suara 17 April lalu.
"Kekurangan surat suara di dua TPS itu terjadi pada surat suara DPD sebanyak 172 lembar dan surat suara DPRD Landak sebanyak 55 lembar. Untuk di TPS 01, terjadi kekurangan surat suara DPD sebanyak 172 lembar dan di TPS 07 terjadi kekurangan surat suara DPRD Kabupaten Landak sebanyak 55 lembar," jelasnya.

Dikatakan Petrus, berdasarkan hasil pengawasan jajaran Bawaslu Landak, mereka merekomendasikan KPU Landak untuk melakukan PSL di dua TPS itu.

"Mekanisme pelaksanaan PSL sama dengan pemungutan suara pada 17 April lalu. Pelaksanaan PSL inipun sudah disampaikan KPU Landak ke KPU Kalbar sampai ke KPU RI untuk menyediakan surat suara, " katanya.

Diakuinya, logistik surat suara itu memang sudah tiba di Landak pada Selasa pagi lalu.

"Surat suara itu sudah dibawa KPU ke PPK Mempawah Hulu. Pergeseran surat suara itupun mendapat pengawalan dari aparat keamanan dan pengawasan oleh pengawas kita. Tiba di PPK Mempawah Hulu, surat suara itupun dihitung kembali sebelum digeser ke TPS. Penghitungan yang dilakukan itu untuk memastikan apakah jumlah surat suara itu sesuai dengan Berita Acara yang ada, " terangnya.

Dia menegaskan, pada pelaksanaan PSL itu, Bawaslu Landak juga akan melakukan pengawasan langsung dengan mendatangi kedua TPS itu.

"Kita akan didampingi oleh Panwascam Mempawah Hulu dan PTPS. Dari Bawaslu Kalbar juga akan turun. Kapolres Landak juga akan memantau langsung pelaksanaan PSL di dua TPS itu. Saya berharap, mudah-mudahan pada pelaksanaan PSL nanti tidak ada kejadian-kejadian khusus yang bisa menghambat proses pelaksanaan PSL itu, " harap Petrus. (nes/dz)

Menerima Semua Jenis Pemasangan Iklan