Bawaslu Landak Beberkan Parpol Langgar APK Kampanye


poto :Theresia  devisi Penindakan Bawaslu Kabupaten Landak

Landak (SOROT POST)- Rapat Koordinasi pengawasan tahapan pegawasan tahapan pemilu tahun 2019 Bawaslu, yang dilaksanakan diaula hotel dango landak,  kamis, (7/2/19 pagi adalah pertemuan dengan 15 partai politik  yang ada dikabupaten Landak.
Rapat koordinasi 15 partai politik yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Landak Kalimantan barat ada 10 parpol yang hadir dan 5 parpol yang tidak hadir pada rapat koordinasi  pagi tadi.
Menurut Theresia Masyono Mungaris bidang devisi penanganan pelanggaran Bawaslu Kabupaten Landak menyebutkan , partai politik yang tidak hadir pada rapat koordinasi pengawasan tahapan pemilu tahun 2019 adalah partai, PKB,PDIP, PAN, dan Demokrat.
Menurut Theresia, rapat koordinasi yang dilaksanakan pada kamis ini adalah penting untuk dihadiri oleh partai politik karna ada beberapa hal diketahui oleh parpol berupa masalah pemasangan APK, dan Kampanye.
"Ada pasal yang mengatur, pasal 280 ayat (2) huruf f,huruf h, huruf i, huruf j UU 7/2017 tentang pelaksana, tim kampanye dalam kegiatan kampanye pemilu dilarang mengikut sertakan aparatur sipil negara ; h, kepala desa, ;f, perangkat desa, BPD. pasal 493 UU /2017  tentang setiap pelaksana dam tim kampanye pemilu yang dimaksudvdalan pasal 280 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 tahun dan denda paling banyak 12.000.000,- ," terang Theresia.
Theresia juga menyebutkan ada beberapa partai politik dan caleg yang Melakukan pelanggaran yang akan dilakukan penertiban APK diantaranya, dikecamatan menjalin, jenis panduk ukuran 1,5x2,5 m peserta pemilu dari partai PDIP nama caleg Mihael Jeno, lokasi pemasangan pagar gereja katolik menjalin keterangan pada saat kegiatan Bapakat. Di daerah Kecamatan Air Besar,  jenis APK spanduk  1mX 1,5 m peserta pemilu partai Demokrat, nama Caleg Erma Suryani Rarik dan Markus Amid, Lokasi pemasangan Depan Rumah Kaur Desa, dan penertiban pada tanggal 7 Januari 2019. Dikecamatan Jelimpo, jenis APK, spanduk, ukuran APK 1,5m x 2,5 m peserta pemilu partai PDIP nama  caleg Tapanus,SH.MH, lokasi pemasangan depan rumah kepala dusun mandor kiru, waktu penertiban tanggal 9 november 2018  dan sudah dipindahkan, dan dikecamatan Jelimpo jenis APK spanduk 1m x 1,5 m (dua buah), partai PDIP nama caleg Bernadius Mariadi lokasi pemasangan pemasangan halaman gereja katolik dusun munggu lumut waktu penertiban 13  November 2018 dan sudah dipindahkan. Dikecamatan Jelimpo Jenis APK, spanduk ukuran APK 1m xb1,5 m peserta pemilu partai Demokrat  nama Caleg Awi Desi lokasi pemasangan halaman pastori Gereja GKNI  waktu penertiban tanggal 14 desember 2018 dan sudah dipindahkan. Dikecamatan Sengah Temila jenis APK spanduk ukuran APK 1 mx1m peserta pemilu partai Demokrat nama Caleg Erma Suryani Ranik, lokasi pemasangan dihalaman GKE kalimue waktu penertiban pada tanggal 14  desember 2018 dan sudah dilindahkan. Kecamatan Sengah Temila ukuran APK, 1x2m peserta pemilu partai Golkar nama caleg Yanto Nunus lokasi pemasangan halaman gereja katolik paroki pahuman dan waktu penertiban tanggal 24 desember 2018.  Kecamatan Sengah Temila jenis APK, spanduk ukuran APK 1mx2m peserta pemilu partai PDIP Nama Caleg Halamab Gereja waktu penertiban tanggal 24 desember 2018. Kecamatan Sengah Temila jenia APK spanduk, ukuran APK 1mx 2 m Peserta pemilu partai DPD  nama caleg Maria Goreti lokasi pemasangan gereka katolik paroki pahuman dan waktu penertiban tanggal 24 desember 2018. Kecamatan Sengah Temila jenia APK spanduk 1 mx1m peserta pemilu partai Nasdem  nama caleg Remigius  Tamonian lokasi pemasangan gereja katolik paroki pahuman waktu penertiban tanggal 24  desember 2018. Kecamatan Sengah Temila jenis spanduk 1x1,5 m peserta pemilu partai PDIP nama Caleg Drs.Cornelis, MH lokasi pemasangan gereja protestan jelutung dan waktu penertiban  tanggal 18 desember 2018. Kecamatan Meranti jenis APK spanduk 1,5 mx1,5 m peserta pemilu partai PDIP nama Caleg Drs.Cornelis,MH dan Angeline Fremalci,SH lokasi pemasangan du depan rumah ASN (guru) waktu Penertiban tanggal 23 januari 2018.
" Dan bagi ATK caleg yang masih dam baru terpasang maka akan dilakukan Penertiban 1kali 24 jam  dimulai pada tanggal 8 Februari 2019 besok,". tutur Theresia.
Begitu juga dengan Ya.Yadi Satpol PP mengatakan bahwa Satpol PP, siap menertibkan, apabila ada surat perintah dari Bawaslu.
"Kami siap, bersihkan dan tidak melihat dari partai politik mana, dan kami siap mendukung bawaslu dan KPU, ujar Ya.Yadi. (Nes)

Pasang Iklan Murah Hanya Disini !