Jumat, 18 Januari 2019

Sorot Post

Bantuan Logistik BPBD Kabupaten Landak Bagi Yang Terisolir

Poto :Bencana Banjir Didusun Jabeng Tahun 2018 lalu yang tidak dapat bantuan dari Pemerintah

Landak (SOROT POST)- Bencana alam tidak bisa dicegah oleh tangan manusia dan bencana alam bisa terjadi kapan saja, hal tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dan untuk mengevakuasi terjadinya bencana alam yang menimpa bumi, Pemerintah Indonesia melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Kabupaten Landak sudah mempersiapkan segala kebutuhan dan keperluan yang diperlukan untuk terjadinya bencana, diantaranya mempersiapkan perlengkapan alat BPBD, dan Logistik.
Menurut  Marcel Benny Sekretaris BPBD Kabupaten Landak, segalanya sudah siap untuk tahun ini seperti tahun lalu, setiap peralatan dan logistik sudah siap.
Namun menurut  Marcel Benny Sekretaris BPBD pada jumat (18/1/19)siang, bantuan barang logistik untuk yang terdampak kena bencana dan bantuan tidak harus semua diberi bantuan yang diberikan adalah bersifat bencana yang sangat parah dan terisolir.
" Seperti pada rapat rakor kami pada tanggal 7 januari 2019 yang dipimpin oleh Ibu Bupati Landak diaula Bupati, masalah bencana banjir, angin puting beliung dan tanah lonsor,  kami ditanya untuk persiapan peralatan, dan personil," ucap Marcel Benny.
Kabupaten Landak terdiri dari 13 Kecamatan,  ada 9 Kecamatan yang rawan terjadinya bencana banjir, untuk itu persiapan BPBD Kabupaten Landak, adalah mempersiapkan peralatan, logistik dan persolil.
Marcel Benny menyebutkan ada SK Bupati yakni SK tanggap Darurat.
"Personil BPBD sudah siap, karna bencana alam adalah bencana yang tidak kita inginkan tapi kalau ketika terjadi semua pihak bergerak dan terlibat, sebab bantuan yang ada di BPBD ini seperti logistik sesuai dengan kemampuan kita bantu karna sifatnya terbatas," terang Marcer Benny.
Sedangkan untuk peralatan -peralatan BPBD Kabupaten Landak sudah maksimal dan sudah dirasakan, kalaupun kekurangan dirasakan ketika terjadi banjir, dan bantuan itu biasanya diberikan seperti bantuan peralatan perahu karet dibantu dari pihak kapolres, perusahaan, dan lain-lain.
"Kalau kekurangan alat maka kami koordinasi dengan membuat terobosan terutama banjir dan kebakaran hutan dan peralatan sudah ada dan kalau masih ada yang kurang maka kita buat proposal dan diajukan ke BPBD Provinsi minta rekomendasi dan nantinya kita minta kepihak BNPB, dan tahun 2019 ini kami lagi koordinasi untuk minta bantuan kebakaran hutan dan lahan. Sedangkan untuk logistik kita sudah ada dana APBD yang semaksimal mungkin yang ada disini kita bantu dan logistik ketika terjadi bencana besar kita buat rekomendasi untuk Bupati dan kita ajukan ke BPBD Provinsi mungkin ada stok logistik dan bisa bantu dan apa yang kita perlukan kita usulkan," papar Marsel.
Ditambahkan MarceL Benny, untuk logistik bencana alam dikabupaten Landak sudah ada persiapan stok dari dana APBD, kemudian stok BPBD Provinsi masih ada, dan untuk stok yang ada sampai sekarang  dikabupaten Landak seperti beras, indomi dan peralatan dapur, masih ada.
"Bantuan diberikan seperti dilihat dari kategori misalnya yang ada dievakuasi, cakupan wilayahnya misalnya kita bantu didaerah tanjung yang ada banjir dan mengungsi dan kita bantu beras dan mi instan, dan itupun kita beri bantuan berdasarkan stok yang ada dan berdasarkan pendataan dari pihak desa dan dusun. Tahun lalu seperi daerah kuala behe, meranti, menyuke, ngabang, Air Besar banjir dengan cakupan wilayah yang kita bantu adalah terisolir atau yang terdampak benar, jauh tingkat bencananya kalau seperti wilayah Kecamatan Menyuke dampaknya tidak terlalu nampak besar sebab dilihat dari sisi tingkat perekonomian dipasar masih cukup, dan kita bandingkan dengan didaerah engkanyar yang jauh terdampak, dan itupun tidak semua kita bantu, tambah Marcel Benny. (Nes)

Sorot Post

About Sorot Post

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :