Rabu, 12 Desember 2018

Sorot Post

Proyek Penguatan Tebing Sungai Landak Mangkrak, Warga Kwatir Tanah Longsor

Poto: lokasi proyek,  Tebing tanah yang mulai lonsor 

Landak (SOROT POST)-  kekwatiran warga di pesisir sungai Landak di Dusun Pulau Bendu desa Kantor Hilir tengah Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak Kalbar kian dirasakan dikarenakan tebing sungai landak kearah jembatan lama jalan sanggau semakin turun Serta lonsor turun kebawah sungai dan ditambah debit air semakin bertambah.
awalnya kekwatiran warga dikala itu pada tahun 2017 lalu, tidak begitu cemas lantaran ada program Pemerintah pusat melalui pembangunan proyek penguatan tebing sungai landak  dikabupaten Landak sudah dialokasikan bahkan pemenang tendernya sudah tertera di plang paman nama pengumuman lelang, dan selanjutnya sudah dilakukan pengerjaan dan proyek tersebut akhirnya putus ditengah jalan.
Menurut  Saleh Warga dipesisiran tebing sungai landak saat dikonfirmasi oleh media sorotpost.com pada (12/12/18) pagi tadi, proyek Pengerjaan penguatan tebing sungai landak Kabupaten Landak tahun 2017 nomor kontrak : 03/HK.02.03/SNVT-PJSA WSJK/PPK/02/2017 tanggal kontrak 16 Januari  2017 nilai kontrak 3.7331.808.000 sumber APBN Murni  masa waktu pelaksanaan 210 hari kalender pada saat itu sebagian  sudah dikerjakan oleh pihak kontraktor di bagian hilir rumah Saleh, ada beberapa tingkat penahan tebing sudah dikerjakan pada tahun 2017 lalu.
"proyek ini sudah dikerjakan sebagian tapi belum selesai, dan saya tidak tahu kenapa dan tidak diselesaikan, tutur Saleh.
Poto:Kondisi tanah dekat surau teramcam lonsor

Selama kegiatan proyek ini, tutur saleh, dirinya selalu melihat orang-orang yang mengerjakan proyek penahan penguatan tebing sungai landak ini, sebab menurut Saleh mereka yang mengerjakan proyek ini di daerah hilir ujung jembatan tersebut dan setelah itu baru  mereka baru mengerjakan di samping rumahnya yang dekat sungai dan itupun belum selesai semua.
"saya nyeri juga kerumah ini lama lama kalau tidak cepat ditangani bisa lonsor tanah ini, apalagi di bawah jembatan sudah retak dan  batu untuk penahannya ada yang sudah turun tanah dan batunya, dan bisa dipastikan jembatan ini lambat laun akan rubuh, turur Saleh.
Saleh Menambahkan, Bangunan Surau arah sanggau disebealah kiri, tanahnya  mulai terseret  lonsor dan  kemungkinan akan mengarah ke bangunan mesjid atau surau yang ada di dekat sungai.
"Kami warga sangat cemas dan kwatir di daerah pesisiran sungai ini,  saya aja habiskan uang untuk kasi cerocok hampir satu juta untuk nahan tebing ini, karna saking takutnya,"tambah Saleh.
Dengan menilai pekerjaan yang belum dituntaskan oleh pihak kontraktor dan ada kekwatiran warga disekitar pesisiran sungai landak arah jembatan lama ngabang, Ketua Komisi C Bidang kesra dan Pembangunan DPRD Kabupaten Landak, Cahyatanus,SH angkat bicara.
Cahyatanus mengatakan kondisi,  kekwatiran warga masyarakat yang didaerah pesisiran sungai landak yang tanahnya terkikis kena terjangan air apalagi dengan kondisi curah hujan yang saat ini lebat dan banjir besar akan mengakibatkan lonsor.
Sementara itu, kata Cahyatanus, ada proyek penguatan tebing didaerah kabupaten landak yang sampai saat ini belum dilaksanakan dengan tuntas, dan diharapkan untuk segera dilaksanakan kembali .
"Kita berharap proyek ini harus dilaksanakan kembali karna sewaktu waktu tanah akan lonsor dan akan mengacam rumah warga dan kedua masyarakat untuk tetap bersabar, yakin dan percaya saja kepada pemerintah karna Pemerintah tidak akan membiarkan daerah-daerah yang dianggap rawan, dan intinya kita minta kepada pihak pelaksananya untuk segera melaksanakannya dan kita belum tahu sejauh mana kendala yang mereka alami, dan kendala apa yang membuat pelaksana  sehingga belum bisa  membuat itu,"katanya.
dengan kontrak yang sudah dianggarkan paling dinas PU melakukan pengawasan.
"kita berharap dan minta Pemerintah Pusat melalui pemerintah daerah untuk melakukan usulan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah pusat untuk menganggarkan kembali penguatan tebing karna kalau itu dibiarkan terus lama kelamaan kota ngabang juga bisa rata dengan air  dan lonsor, 'pinta Cahyatanus. (Nes)

Sorot Post

About Sorot Post

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :