Jumat, 22 Juli 2016

Philipus Nahaya

PENYALURAN DANA DESA KABUPATEN MELAMI 2016 SUDAH OKTIMAL

“Untuk tahap pertama yang disalurkan itu 60 % ( persen ). Untuk tahap keduanya  40 % ( persen ). yang tahap pertama sudah tersalurkan semuanya. Sementara untuk penyaluran tahap kedua akan disalurkan pada Agustus 2016 ini,” ungkap," RuthTangrutu, selaku Kabid pemerintahan Desa di Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa (BPMPD) dan Kesbangpol Melawi, saat ditemui di wartawan ruangan kerjanya.

Dilanjutkan lagi beliau menjelaskan, penyaluran dana desa tahap kedua akan dilaksanakan apabila pelaksanaan kegiatan atau serapan dana dari dana desa tahap pertama minimal sudah mencapai 50 % ( persen ). Jika belum mencapai 50 % ( persen ), tidak akan disalurkan.

“Tahap pertama yang 60 % ( persen ), sudah  100 % ( persen ) disalurkan.  untuk serapannya hingga saat ini tidak kita ketahui, karena yang melakukan evaluasi pertanggungjawaban dan verifikasi didelegasikan ke camat masing-masing. Jadi camatlah yang mengetahuinya. Hal itu dilaksanakan sesuai dengan aturan yang ada,” ungkapnya.

Menurut beliau", penyaluran dana desa tahap pertama seharusnya dilaksanakan pada bulan Maret 2016, yang lalu namun karena terkendala dengan APBD yang juga terhambat, maka pencairannya pun terhambat.

“Untuk penyaluran dana desa ini harus ada Perda tentang APBD dulu baru bisa disalurkan,” ucapnya.lagi

Sementara untuk kendala lainnya seperti APBDes yang menjadi syarat pencairan dana desa, beliau menyatakan tidak ada masyarakat yang komplen dan karena semuanya desa sudah menyerahkannya, tidak ada kendala lain selain karena terlambatnya APBD. Ungkapnya lagi.

Namun yang memverifikasi dan evaluasi pertanggung jawaban kegiatan tersebut untuk  di lapangan itu lansung  dilimpahkan kepada para camat masing-masing. Sementara untuk mengetahui fisiknya sesuai atau tidak serta ada atau tidak, itu inspektorat yang melakukannya,” dengan tegasnya. By hadi

Philipus Nahaya

About Philipus Nahaya

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :