Jumat, 22 Juli 2016

Philipus Nahaya

Pemkab Landak Fasilitasi Perangkat Desa Menyusun APBDes

NGABANG (SOROT POST) - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Landak terus memfasilitasi para perangkat Pemerintah Desa dalam rangka penyusunan APBDes.
Sebab, dari 156 desa di Landak, hanya 10 desa yang APBDesnya sudah selesai dan Anggaran Desa (AD) serta Anggaran Dana Desa (ADD) di 10 desa itu sudah diproses.
Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes) BPMPD Landak, Heri Sarkinom, pihaknya sudah bergerak sejak 11 Juli lalu untuk memfasilitasi Pemerintahan Desa dalam penyusunan RAPBDes.
“Mudah-mudahan tidak ada halangan. Sebab pemahaman terhadap regulasi ini yang perlu kita tingkatkan terhadap SDM teman-teman di tingkat desa. Apalagi yang namanya aturan ini sudah jelas, kita perlu penegasan terhadap penggunaan anggaran di desa,” ujar Heri, Rabu (20/7).

Dikatakannya, penggunaan anggaran di tingkat desa sudah jelas sesuai dengan perencanaan yang ada.
“Perencanaan itu dimulai dari RPJM selama enam tahun disaat menjadi kades dan RKP yang dilakukan setiap tahunnya. Selanjutnya dituangkan di RAPBDes,” jelasnya.
Diakuinya, memang ada beberapa kendala yang dihadapi Pemerintah Desa dalam penyusunan RAPBDes tersebut.
“Yang pertama memang adanya perubahan regulasi. Regulasi ini harus dipahami, sehingga kita tidak bertentangan dengan peraturan Pemerintah Pusat. Kemudian, pemahaman perangkat Pemerintah Desa terutama komputer masih menjadi kedala, sehingga dalam proses penyusunan masih bingung. Kendala lainnya, kebiasaan untuk menunda. Padahal kita sudah melakukan sosialisasi DD dan ADD, sehingga kades bisa secepatnya menyusun APBDes,” jelas Heri.(Red)

Philipus Nahaya

About Philipus Nahaya

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :