Kamis, 21 Januari 2016

Philipus Nahaya

Kemensos Tanggung Logistik Karantina 1.000 Eks Anggota Gafatar di Pontianak

Pontianak,www.sorotpost.com—Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengatakan, sekitar 1.000 orang eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) di Mempawah, Kalimantan Barat, masih ditampung dan dikarantina di barak-barak TNI di Pontianak.



“Mereka akan dipulangkan dengan KRI ke daerah masing-masing,” kata Mensos, Rabu (20/1).
Khofifah menjelaskan bahwa kebutuhan logistik mereka selama berada di karantina ditanggung oleh Kementerian Sosial RI. Selain itu, kementerian ini juga menurunkan tim asesmen untuk proses identifikasi apakah mereka memerlukan trauma healing atau trauma konseling.
“Hari ini tim baru tiba Pontianak untuk melakukan diidentifikasi. Kita tidak bisa menggeneralisasi bahwa mereka gabung karena ideologis. Mungkin saja di antara mereka ada yang bergabung cuma ikut-ikutan atau ada yang janji-janji misalnya,” katanya.
Khofifah mengatakan, sebagian besar para eks Gafatar itu berasal dari Semarang dan Surabaya.
Sebelumnya pada Sabtu (16/1) ratusan eks Gafatar di Kabupaten Mempawah diusir dari Desa Antibar dan Desa Suap oleh warga. Keberadaan Gafatar dalam beberapa waktu terakhir dianggap meresahkan pascahilangnya sejumlah orang yang diduga bergabung dalam organisasi tersebut.(PWRI)

Philipus Nahaya

About Philipus Nahaya

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :