Rabu, 16 Desember 2015

Philipus Nahaya

Pemkab Landak Bentuk Unit Pengendalian Gratifikasi

Landak (Sorot Post)- Inspektorat Kabupaten Landak menyelenggarakan Sosialisasi dan Pembentukan Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) serta penanganan pengaduan masyarakat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Landak Kalimantan Barat yang digelar di Aula kantor Bupati Landak Senin (14/12) kemarin.


Sosialisasi yang di buka langsung oleh Wakil Bupati Landak, Herkulanus Heriadi itu mengatakan, reformasi birokrasi merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan penataan sistim penyelenggaraan Pemerintahan yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional,” katanya. Heriadi menjelaskan, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 81 tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi yang mengatur pelaksanaan program reformasi birokrasi,”jelasnya. Instansi Pemerintah wajib melaksanakan program reformasi birokrasi pada 8 Area perubahan yang salah satunya penguatan pengawasan, di dalam penguatan pengawasan ada pengendalian gratifikasi,” tandasnya. Maka ada strategi nasional pencegahan dan pemberantasan korupsi jangka panjang tahun 2012-2025 sebagai acuan langkah strategis Pemerintah Daerah Kabupaten Landak untuk memastikan terwujudnya penyelenggaraan Pemerintahan yang bersih dan bebas dari praktik korupsi. Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2012, aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi Pemerintah Daerah mengamanatkan Kepala Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota se-Indonesia untuk dapat segera membentuk Unit Pengendalian Gratifikasi dilingkungan Pemerintah Daerah. Sejalan dengan hal tersebut di atas, lanjut Heri, sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri nomor 061/7737/SJ tanggal 30 Desember 2014 tentang Pembentukan UPG dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Landak. Di laksanakannya Sosialisasi tentang Program Pengendalian Gratifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi RI pada bulan September 2015 yang lalu dan sebagai tindaklanjut dari soaialisasi tersebut yaitu melaksanakan rencana kerja yang telah di tandatangani oleh Pemerintah Kabupaten Landak dengan KPK RI. (Red)

Philipus Nahaya

About Philipus Nahaya

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :