Tanah Lonsor Mengakibatkan Bahu Jalan Retak

Selasa, 27 November 2018


Sekadau(SOROT POST)- Tanah lonsor di ruas jalan Sekadau-Rawak Taman Mahap di kilometer delapan, tepatnya di Desa Selalong membuat warga setempat merasa khawatir. Pasalnya bahu jalan di gorong-gorong hampir roboh.

Lokasi rawan longsor itu tidak jauh dari sekolah, sehingga dikhawatirkan dapat menimbulkan kecelakaan. Apalagi pada jam-jam tertentu, anak-anak sekolah sering lalulalang di sekitar itu.

“Sebelum ada korban, sebaiknya pemerintah segera melakukan perbaikan. Paling tidak, di timbum tanah dulu saja,” kata Joko salah seorang warga Selalong kepada awak media, Senin (26/11/18).

Apalagi lanjut Joko, sebentar lagi memasuki bulan Desember, dimana pada bulan itu, umat kristiani akan merayakan hari raya Natal dan tahun baru 2019. Dan di bulan tersebut, sudah tentu intensitas kendaraan yang lalu lalang pasti tinggi. Alangkah baiknya, sebelum ada korban jiwa jalan itu segera diperbaiki.

“Kalau bisa sebelum bulan Desember, jalan itu sudah di perbaiki agar tidak ada korban. Sebab, kalau melihat kondisi di lapangan apabila ada kendaraan yang ambruk, jatuhnya langsung ke dalam sungai,” ulasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Sekadau, Ahmad Suryadi saat dikonfirmasi terkait retaknya ruas jalan Provinsi mengatakan, pihaknya akan menyampaikan hal ini kepada Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Barat melalui UPJJ wilayah Sanggau – Sekadau.

“Kita akan melakukan kerjasama. Paling tidak sebelum ada perbaikan, kita akan sarankan pasang pengamanan dulu,” katanya.

Apalagi kata dia, pada bulan Desember, arus lalu lintas yang melintasi jalan tersebut pasti padat.

“Makanya kita akan upayakan bekerjasama dengan pihak terkait dari Pemprov, karena jalan itu adalah tangungjawab Pemprov Kalbar, maka dinas PUPR kabupaten tidak bisa bekerja sendiri untuk mengatasi keruskan sekecil apapun,” kata Ahmad. (sutarjo/IWO)


Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS