Bupati Sekadau Minta Para Kades Akomodir Pengurus Adat

Minggu, 25 November 2018



Sekadau (SOROT POST)- Guna ingin menjaga, merawat dan melestarikan hutan adat yang ada, Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sekadau menggelar seminar tentang hutan Adat pada Jumat (23/11/18) lalu di gedung Kateketik Sekadau.

Dalam seminar  DAD yang digelar, DAD juga melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) Ketemenggungan bagi pengurus adat dari berbagai tingkatan yakni dari pengurus adat kecamatan sampai pengurus adat desa dan pengurus adat dusun.

Acara rakor tersebut dibuka Bupati Sekadau, Rupinus, Jumat (23/11/18) di gedung Kateketik Sekadau.

Dalam sambutannya, bupati meminta agar para pemangku adat di berbagai tingkatan hendaknya selalu menjaga dan merawat hutan yang ada. Manfaatkan hutan adat bagi kesejahteraan masyarakat adat.

“Manfaatkan hutan adat dengan tidak merusak ekosisten yang ada. Artinya, jangan memburu binatang yang langka yang menjadi ekosisten di hutan adat tersebut,” saran Rupinus.

Bupati juga menyarankan, agar para pemangku adat di berbagai tingkatan hendaknya jangan menyerahkan hutan adat untuk di garap oleh perusahaan. Karena, untuk menjaga hutan adat adalah tugas para pemangku adat serta masyarakat adat.

“Agar tidak menjadi masalah ditengah-tengah masyarakat, maka saya ingatkan agar para pemangku adat jangan pernah menyerahkan hutan adat kepada perusahaan untuk di garap dan di tanami kelapa sawit,” ingatnya.

Rupinus juga menegaskan agar para pengurus adat di desa maupun di tingkat dusun kiranya dapat di akomodir honornya melalui Aloksi Dana Desa (ADD) karena untuk DAD kabupaten pemkab telah membantu  melalui APBD pada setiap kegiatan adat.

“Saya minta kepada para kepala desa agar mengakomodir para pengurus adat tingkat desa dan dusun, kiranya dapat di akomodir honornya lewat ADD,” kata bupati

Hadir kegiatan tersebut ketua DAD Welbertus Will dan sekretaris Isbianto, hadir pula bupati Sekadau Rupinus dan wakil bupati Sekadau Aloysius, Kapolres Sekadau, Kajari Sekadau, Damdim Sanggau-Sekadau, unsur Forkompimka,  sekadau hilir,serta para pengurus adat di seluruh kabupaten Sekadau dan undangan lainnya. (Tarjo/akcayanews)


Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS