Harga TBS Anjlok, Warga Datangi Kantor DPRD

Selasa, 09 Oktober 2018


Sekadau (Sorot Post)- Sejumlah perwakilan petani kelapa sawit dari tiga kecamatan mendatangi kantor DPRD Kabupaten Sekadau, untuk mengadukan nasib mengenai patokan harga pembelian Tandan Buah Segar (TBS) oleh perusahaan.

Kedatangan warga diterima ketua dan wakil ketua DPRD, Albertus Pinus dan Jebray Raja Tugam, serta beberapa anggota DPRD diantaranya, Yodi Setiawan, Aron, Musa, Herkulanus, Abuntono, Subandrio dan Liri Muri.

Abus Yanto salah seorang perwakilan dari petani menguraikan masalah yang dihadapi oleh petani, terkait PT. KBP salah satu perusahaan yang tergabung dalam Lyman grup.

Warga mengeluhkan sulitnya menjual TBS milik petani, karena sejak di buka PT. KBP belum memiliki Pabrik Kelapa Sawit (PKS) sehingga petani saat menjual TBS harus di jatah. Sebab, TBS petani dibawa ke PKS milik PT. Kalimantan Sanggar Pusaka (KSP).

“Untuk menampung buah petani mestinya PT. KBP sudah bangun PKS, agar petani bisa jual TBS dengan leluasa. Apalagi, saat ini petani sedang giat-giat merawat kebun. Sehingga, produksi TBS setiap tahun bertambah,” katanya.

Selain itu, ia juga meminta agar pihak-pihak terkait termasuk DPRD untuk segera membantu masyarakat terkait adanya perusahaan yang mematok harga TBS di luar ketentuan. Sehingga, masyarakat bingung dengan patokan harga tersebut.

“Kita minta para wakil rakyat bersedia memanggil pihak-pihak yang terkait guna mencari solusi agar TBS petani plasma bisa di hargai sesuai harga yang di umumkan di koran,” harap Abus.

Pada kesimpulan hasil pertemuan tersebut DPRD Kabupaten Sekadau akan menindaklanjuti keluhan masyarakat tersebut.

Sebagai upaya untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat tersebut, dalam waktu dekat DPRD akan memangil pihak-pihak terkait seperti TP3D dan pihak perusahaan.

“Dalam minggu ini juga kita akan jadwalkan pertemuan dengan pihak-pihak terkait guna membahas keluhan masyarakat ini,” kata Jebray. (sutarjo)


Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS