Polres Melawi Gelar Latihan Brata Kapuas Menjelang Penyelenggaraan Pilpres 2019

Rabu, 19 September 2018


Melawi (Sorot Post)- Jelang pengamanan pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang, Polres Melawi menggelar Latihan Pra Operasi Mantap Brata Kapuas 2018. Kegiatan ini digelar di Aula Tribrata Mapolres Melawi, Senin (17/9/2018) pagi.
Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si membuka langsung kegiatan Lat Pra Ops "Operasi Mantap Brata Kapuas 2018, didampingi Perwakilan dari KPU, Bawaslu dan Kajari Sintang. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh jajaran Polres Melawi.
Dalam sambutannya Kapolres Melawi mengucapkan terimakasih kepada tamu undangan dan peserta Lat Pra Ops yang telah hadir.
"Operasi yang terdahulu menjadi acuan untuk kita memperbaiki dalam cb (cara bertindak) saat melaksanakan Operasi Mantap Brata Kapuas 2018 ini, tuturnya.
"Kita sadari bersama Operasi Mantap Brata Kapuas 2018 kali ini akan semakin berat karena pelaksanaan pemungutan Pilpres (pemilihan presiden) dan Pileg (pemilihan legislatif) secara bersamaan, tentunya tantang semakin berat namun koordinasi antara instasi apabila berjalan dengan baik maka seberat apapun tantang kedepannya dalam "Operasi Mantap Brata Kapuas 2018" ini akan kita jalankan dengan sukses, aman dan damai".
Kapolres Melawi menambahkan, Tujuannya dilaksanakan Latihan Pra Operasi Mantap Brata Kapuas 2018 adalah untuk menyamakan persepsi dalam mengevaluasi kegiatan operasi mantap praja kapuas 2018 yang sudah dilaksanakan baik kekurangannya maupun dalam hal-hal kesuksesannya dan menyusun rencana kegiatan operasi mantap brata kapuas 2019 yang akan dilaksanakan pada pemungutan suara Pilpres dan Pileg tahun 2019 yang akan datang agar berjalan dengan semestinya, ungkap Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si.
Perwakilan dari KPU Kabupaten Melawi mengapresiasi Polres Melawi berhasil melaksanakan kegiatan pengamanan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat pada tahun 2018 kemaren berjalan dengan aman, damai dan lancar.
"seperti yang sudah disampaikan oleh Kapolres Melawi tadi kedepannya akan semakin berat dalam pelaksanaan pemilihan umum, namun kita tetap optimis dalam pelaksanaan pemungutan suara Pilpres dan Pileg tahun 2019 akan berjalan dengan aman, lancar dan damai, ucapnya.
Penekanan dari perwakilan pihak Kejaksaan Negeri Sintang yaitu Kejaksaan dituntut netral dalam pelaksanaan pemilihan umum Pileg dan Pilpres tahun 2019 sama seperti pihak Kepolisian maupun KPU maupun Bawaslu dituntut netral. Peran kejaksaan dalam pelaksanaan pemilihan umum adalah yang diperdalam dalam bidang intelijen yaitu dalam penggalangan. Bertindak sebagai Kepala Bagian Operasi, Kabag Ops Polres Melawi AKP Sofyan menjelaskan Lat Pra Ops merupakan wadah dalam menyatukan persepsi untuk kelangsungan pemilihan umum tahun 2019 berjalan dengan aman, damai dan sejuk melalui operasi dengan sandi "Operasi Mantap Brata Kapuas 2018, Polres Melawi akan mengevaluasi kekurangan pada "Operasi Mantap Praja Kapuas 2018 yaitu pemilihan Gubernur dan Wagub Kalbar dan akan mengoptimalkan kekurangan jumlah Personil Polres Melawi untuk melaksanakan pengamanan pemungutan suara Pileg dan Pilpres tahun 2019 agar berjalan dengan aman, damai dan sejuk. 
"Polres melawi dalam setiap tahapan Operasi Mantap Brata Kapuas 2018 akan melaksanakan dengan penuh dedikasi agar dalam pelaksanaan pemilihan umum tahun 2019 nanti berjalan dengan aman, lancar dan kondusif, jelasnya.
"Penambahan jumlah TPS pada pemilihan umum Pilpres dan Pileg tahun 2019 bertambah menjadi 700 TPS dari 519 TPS pada pemungutan suara Pilgub tahun 2018 lalu, ini menjadi tantangan tersendiri baik dari pihak Kepolisian maupun dari pihak penyelenggara baik itu KPU dan Bawaslu Kabupaten Melawi, kuncinya koordinasi, kerjasama dan senergitas antara instansi adalah yang utama dalam kesuksesan pemilihan umum Pileg dan Pilpres tahun 2019 nanti, jelasnya.
AKP Sofyan memberikan penegasan kepada personil, agar dalam melaksanakan tugas pengamanan dilakukan denga penuh tanggungjawab. Tegasnya.  (Hadi)

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS