Keamanan Harus Koordinasi Sukseskan Pileg dan Pilpres

Kamis, 20 September 2018


SUNGAI AMBAWANG, (SOROT POST)-Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Sungai Ambawang Kab. Kubu Raya menggelar sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019 dengang mengusung tema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu”, menjelang pemilihan umum anggota DPD, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Rumah Makan Ayam dadakan, Kamis (20/9/2018). Turut hadir dalam acara tersebut Danramil Sungai Ambawang, Kasi Intel yang mewakil Kapolsek Sui Ambawang, Kepala Desa, Kadus, RT/RW, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna serta Ketua PKK dan unsur perempuan di wilayah tersebut.

Ketua Panwascam Sungai Ambawang, Muzasir, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memantapkan kesepahaman tentang proses tahapan dan pelaksanaan Pemilu 2019. Menurutnya pengawasan partisipatif yang dimaksud ialah melibatkan masyarakat untuk menjadi manusia aktif memantau sekaligus mengawasi setiap tahapan pemilu yang berlangsung dalam lingkungannya.
Apalagi ungkapnya, Kabupaten Kubu Raya tercatat ranking ke-3 daerah rawan Pemilu. "Kami dari Panwascam Sungai Ambawang mengajak kepada pemangku kepentingan, baik itu di pemerintahan maupun non pemerintah serta aparat keamanan untuk bersama-sama mencegah terjadinya pelanggaran dan terganggunya kondusifitas keamanan di dalam lingkungan masyarakat," kata Muzasir.
Dikatakannya, untuk setiap potensi kecurangan atau pelanggaran yang terjadi, masyarakat secara aktif memiliki jalur langsung dengan pihak berwenang baik kepolisian maupun Panwas itu sendiri agar laporannya segera ditindaklanjuti. Selain pencegahan terjadinya pelanggaran pemilu, ia mengajak kepada stakeholder, terutama bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan kepala desa untuk selalu bersikap netral dalam tahapan pemilu. Sekaligus menjadi garda terdepan dalam mensosialisasikan sikap tersebut.

Kapolsek Sui Ambawang yang diwakili Kasi Intel Ipda Julius Jhordan, menyatakan siap membantu dan berkoordinasi dengan Panwas dilapangan guna meningkatkan keamanan menjelang dan pada saat Pemilu legislatif dan Pilpres 2019 mendatang. “Kami siap berkoordinasi terkait pengamanan pada gawe Pemilu legislatif dan Pilpres,” tegasnya.

Sementara itu Daramil Sungai Ambawang Kapten Supanggih, dalam kesempatan tersebut berharap
, ada kerja sama dan koordinasi yang baik antara PPK, PPS, Panwas, dan aparat keamanan guna melakukan pemantauan, pengecekan, menjaga keamanan dan ketertiban serta senantiasa melaporkan perkembangan pelaksanaan Pilkada di wilayahnya masing-masing sesuai prosedur yang berlaku. “Berikanlah pemahaman, pengertian dan motivasi yang baik kepada masyarakat untuk berpartisipasi, baik di dalam menggunakan hak pilihnya maupun di dalam menjaga kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pilkada nanti,” himbaunya. (kliwon)

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS