Iklan Hari Pahlawan nasional 10 Nov 2018

KPUD Diminta Tegas Untuk Caleg Yang Melanggar

Selasa, 14 Agustus 2018

poto: spanduk/baliho didepan lapangan sepak bola plasma 2


Landak (sorotpost)-Spanduk-spanduk/baliho bakal caleg yang saat ini sudah bertebaran di daerah harus ditertibkan.
Seperti terpantau saat ini selasa (14/8/18) didaerah lapangan sepak bola plasma 2 Kecamatan Ngabang Desa Amboyo Selatan Kabupaten Landak  spanduk- spanduk atau baliho diduga spanduk para  Caleg sudah terpampang di depan lapangan sepak bola di plasma 2 Ngabang 
Menurut Petrus Kanisius kemarin saat rapat Ketua Bawaslu Kabupaten Landak saat mengelar persiapan pengawasan Pileg, dan Pilres 2019 di hotel Hanura Ngaban mengatakan para bakal calon legislatif (caleg) belum boleh melakukan kampanye untuk Pemilu 2019. Spanduk-spanduk bakal caleg yang saat ini sudah bertebaran di daerah harus ditertibkan."Sosialisasi bakal caleg tidak diperbolehkan, sebab memang belum saatnya untuk melakukan kampanye," Ujar Petrus Kanisius.
Dia melanjutkan, sosialisasi yang dilarang yakni memasang foto bakal caleg dalam bentuk baliho, spanduk, atau gambar lain. Gambar-gambar yang dimaksud untuk dilarang adalah gambar bakal caleg, dengan nomor urut beserta lambang parpol pendukungnya dan disertai informasi daerah pemilihan (dapil).
Pelarangan ini, merujuk kepada aturan terkait masa kampanye Pemilu 2019 yang baru dimulai pada 23 Desember 2018. Dalam aturan tersebut, masa kampanye baru bisa dimulai tiga hari setelah pengumuman daftar calon tetap (DCT) anggota DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota dan DPD.
" Ada tiga sanksi pelanggaran, sanksi administrasi, sanksi Pidana dan sanksi Kode etik. Kampanye itu setelah penetapan DCT. Dengan begitu, semua spanduk yang saat ini ada, baik spanduk bakal caleg, spanduk cawapres juga harus dicopot, " tegas Petrus Kanisius.
Apabila ada pelanggaran, dan pihak Bawaslu sudah menyurati pihak KPU dan diharapkan KPUD bisa  mengambil langkah-langkah tegas pada Caleg dan Parpol.(Nes)

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS