Dirgo Gugat KPU-RI Ke PTUN Atas Penetapan Calon Anggota KPU

Kamis, 28 Juni 2018

poto:Barto Agato Dirgo


Landak (Sorotpost) -Barto Agato Dirgo, SH salah satu Anggota calon komisi pemilihan umum (KPU)  kabupaten Landak provinsi kalimantan barat periode 2018-2023 yang mendaftar sebagai calon anggota KPU pada tanggal 27 februari 2018 lalu no 01/P/TIMSEL2KPU-KAB.KOTA/61/2018 tentang pendaftaran calon anggota KPU Kabupaten daan Kota provinsi kalimantan Barat periode 2018-2023 akan menggugat ke pengadilan tata usaha negara (PTUN) atas penetapan Anggota Komisi Pemilihan Umum Periode 2018-2023 bersama dengan pengacaranya. 
Menurut Barto Agato Dirgo, SH saat dikonfirmasi dikediaman di darit (27/6/18) malam, membenarkan akan menggugat hasil dari kelulusan 24 calon anggota KPU Kalbar secara khusus di kabupaten Landak.

Menurut Barto Agato Dirgo,SH pada media ini,  dalam pengumuman, timsel berturut-turut membuat pengumuman terhadap calon anggota KPU yang lulus tes mulai dari tes tertulis (CAT),  tes spikologis, tes kesehatan,  tes wawancara dan tes uji kelayakan dan kepatuhan. 
Lanjut,  Barto Agato Dirgo,SH Komisi Pemilihan Umum RI mengeluarkan surat pengumuman pada tanggal 16 juni 2018 nomir :588/PP.06-Pu/05/KPU/VI/2018 tentang penetapan anggota komisi Pemilihan umum Kabupaten Landak periode 2018-2018 yakni, 1. Reni Yuliati YP,sanyam,S.hut. 2. Mikael, SH. 3.Herkulanus Yakobus, SE .4.Lisanto, S.Pd. 5. M. Tarmizi. 6.Barto Agato Dirgo, SH. 7. Joko Mulyo H, Setiawan, SH. 8. Abdulah Husaini, SE. 9. Eko Santoso, S. Jp, MM. 10. Robi Setiawan, S. Pd. untuk dilakukan fit and proper tes oleh KPU RI. 
" Dari sepuluh anggota yang telah lulus dalam tahapan seleksi dan satu diantaranya anggota yang telah dilaporkan kepada Bawaslu atas nama M. Tarmizi karna diduga yang bersangkutan sebelum tes dan saat tes berlangsung telah terbukti berlaku tidak netrak dengan menggugah dimedia sosial ciutan dukungan terhadap pasangan calon Gubernur kalbar.  Padahal syarat utama calon KPU adalah netral dan tidak memihak,  sehingga dalam bekerja bisa berlaku adil kepada peserta pemilu dan namun laporan itu diabaikan oleh KPU RI dengan meloloskan M. Tarmizi dalam proses pencalonan."ujar Barto Agato Dirgo. 
Barto Agato Dirgo, menyebutkan pada tanggal 16 juni 2018 melalui pengumuman nomor: 588/PP.06-Pu/05/KPU/VI/2018 Komisi Pemilihan Republik Indonesia menetapkan M. Tarmizi  lolos di KPU Kabupaten Landak periode 2018-2023.

"Kenapa Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia menetapkan M. Tarmizi sebagai anggota KPUD Kabupaten Landak yang sudah diduga tidak netral dan patut untuk tidak masuk dalam urut nama-nama yang layak menjadi anggota KPU dan saya meminta keadilan melalui hak konstitusi sebagai warga negara dengan menggugat keputusan KPU RI karna berlaku tidak adil kepada saya dalam penetapan Anggota KPU Kabupaten Landak, "terangnya. 
Langkah-langkah yang telah diambil oleh Barto Agato Dirgo merupakan hak nya sebagai warga negara Indonesia,  apakah kasus ini dibawa ke jalur hukum atau bagaimana ini merupakan haknya,  dan kami dari KPUD kabupaten Landak mempersilakan Barto Agato Dirgo, papar Tajudin sekretaris KPUD Kabupaten Landak saat dihubungi kamis (28/6/2018) siang. (Yhs) 

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS