Iklan Hari Pahlawan nasional 10 Nov 2018

Sat Binmas Polres Melawi Simulasi Penanggulangan Karhutla Didesa Tanjung Tengang

Rabu, 02 Mei 2018


Melawi (Sorotpost) -Memasuki musim kemarau, potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan ( karhutla ) menjadi perhatian Polres Melawi.

Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan penanganan jika terjadi karhutla di Kabupaten melawi, Sat Binmas Polres Melawi bersama masyarakat Desa Tanjung Tengang menggelar latihan dasar untuk penanganan karhutla, Senin kemarin ( 30/4/2018 ) sore.

Kegiatan sosialisasi serta latihan penanggulangan karhutla tersebut dipusatkan di Desa Tanjung Tengang Kabupaten Melawi, pelatihan dasar penanganan karhutla tersebut dibuka oleh Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S. IK, M. Si diwakili oleh Kasat Binmas AKP Theodorus Pardamean Marbun. 

Marbun mengatakan, kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan dalam tahapan proses manajerial yang harus dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personil Polri beserta instansi terkait dan segenap potensi masyarakat, sebelum diterjunkan kelapangan untuk menghadapi kejadian kebakaran hutan dan lahan yang sebenarnya di Kabupaten Melawi, ungkapnya.

"Melalui pelatihan bersama ini, diharapkan rencana yang telah dipersiapkan dengan matang dapat diimplementasikan secara baik dan semakin memperkuat sinergitas kerjasama seluruh stakeholder, jelasnya.

Kasubbag Humas Polres Melawi Iptu Herno Mintoro menghimbau masyarakat Kabupaten Melawi agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, karena bencana kebakaran hutan dan lahan dapat menimbulkan kerugian serta kerusakan lingkungan yang amat besar, semua sektor baik itu ekonomi, pendidikan, sosial dan kesehatan pasti terganggu dengan adanya bencana karhutla. Selain menimbulkan kerugian harta benda, kebakaran hutan dan lahan juga memberikan dampak negatif terhadap ekosistem, keanekaragaman hayati dan secara umum menurunkan kualitas lingkungan.

"Semua pihak harus berperan aktif dalam melakukan upaya pencegahan dari Karhutla tersebut, baik perorangan maupun korporasi dan kita sebagai warga masyarakat harus memahami bahwa melakukan pembakaran hutan dan lahan adalah tindakan yang melanggar hukum, ujarnya.

Latihan simulasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan dipimpin langsung oleh Kasat Binmas AKP TP. Marbun didampingi oleh anggotanya Ipda M. Sibarani, Aiptu Sutrisno, Bripka Supar'am, Brigadir Ngadigno dan Brigadir Juliansyah beserta Anggota Sat Sabhara Aiptu Togap bersama Bripda Dodik Kurniawan, Kepala Desa dan Masyarakat Desa Tanjung Tengah.

Penulis : Oktavianus
Editor    : Alfian Nurnas / Nanang. P
Publish : Hadi/ Ferdinan.

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS