Dinas Perkebunan Landak Pertanyakan Kebun Plasma PT. DSM

Kamis, 10 Mei 2018



Landak (Sorotpost) -Kepala Bidang usaha perkebunan dinas perkebunan Kabupaten Landak, Siswandi mengaku  pembangunan kebun masyarakat di PT. Daya Sumber Makmur sudah ada prosesnya, namum proses pembangunan kebun masyarakat penyerah lahan tersebut sampai saat ini belum di selesaikan. SK CPCL sudah kita berikan," ujar Siswandi usai memediasi pihak PT. DSM dengan koperasi sumber makmur di dinas perkebunan Landak Kalbar Selasa (8/5) lalu. 

" Kebun yang di serahkan kepada masyarakat itu mana, nilai investasinya juga berapa dan cara pengembalian dari nilai investasinya juga berapa serta berapa hasil pengelolaannya," kata Siswandi. 

Menurut Siswandi, Pengelolaan kebun masyarakat penyerah lahan oleh perusahaan, itu sudah jelas tertuang dalam

Permentan nomor 98 Tahun 2013 pasal 15 dikuatkan lagi pasal 40  ayat 1 F yang menegaskan bahwa pembangunan kebun masyarakat itu harus di sesuaikan dengan waktu 3 Tahun terhitung dari terbitnya IUP.

Ia juga meminta pihak perusahaan untuk komitmen terhadap pelaksanaan kemitraan antara PT. DSM dengan Koperasi sumber makmur. Seperti contoh dalam pertemuan tadi, bahwa ada yang mengatakan jumlah timbangan Tandan Buah Segar (TBS) koperasi tidak mengetahui. 

Pelaksana kemitraan yang sudah di sepakati bersama itu dapat dilaksanakan secara maksimal sesuai dengan perjanjian yang sudah tertulis. Pengertian dari mempasilitasi pembangunan kebun masyarakat itu, juga harus ada fisik kebunnya dan kebun itu di serahkan pada masyarakat, walaupun dalam pengelolaannya di sepakati dalam satu managemen. (Yh/Man)

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS