Diperkirakan 20 Ribu Hadir Dalam Acara Naik Dango Disamalantan Bengkayang

Sabtu, 28 April 2018


Panitia Pelaksana Naik Dango Ke-XXII Samalantan:
Naik Dango Menuju Masyarakat Bengkayang Sejahtera Dan Berdaya Saing

Bengkayang (Sorotpost) -Panitia Naik Dango Ke-XXII Samalantan menggelar rapat Persiapan Pelaksanaan Naik Dango di aula kantor Camat Samalantan Sabtu (28/4/2018) pukul 09.00-14.00 wib. 

Hadir Ketua Panitia Hardianto,A.Md  Camat Capkala Aladin, M.Pd,Sekcam Lembah Bawang Yosep,S Sos,  Sekretaris DAD Iyan, SH,  Ketua DAD Samalantan Yunus Diman,  dan seluruh panitia Naik Dango Tahun 2018

Kami siap melaksanakan Naik Dango Ke-XXII di Rumah Radang Bukit Samano Samalantan dan akan menghadirkan Presiden MADN Drs. Cornelis. MH, Pj Gubernur Kalbar  Drs.Dody Riadmadji, MM,Calon Gubernur Kalbar Nomor Urut 2 dr. Karolin Margret Natasa,Wakil Gubernur Suryadman Gidot dan seluruh Tokoh Adat Dayak.,sesepuh unat serta masyarakat Dayak yang ada di Wilayah enam Kecamatan, " jelas Ketua Panitia Pelaksana Naik Dango Samalantan Hardianto, A.Md ditemui, Sabtu (28/4/2018) dirumah Radangk. 

Menurutnya bahwa acara Naik Dango digelar masyarakat Dayak Kanayant setiap tahun karena merupakan agenda tahunan sebagai uapya menjaga dan melestarikan adat istiadat, tradisi dan budaya Dayak yang telah warisan oleh Nenek Moyang yang harus tetap dijaga dan pelihara.

Peserta Naik Dango Ke-XXII dari 6 (enam)  Kecamatan yakni Samalantan,Monterado,Lembah Bawang, Capkala, Sungai Raya dan Sungai Raya Kepulauan

Tema kegiatan naik dango kali ini adalah "Dengan Semangat Gawe Naik Dango,  Kita Wujudkan Bersatu Bengkayang Maju Dalam Pelestarian Budaya Dan Keberagaman Suku Bangsa"

Ditempat yang sama Camat Capkala Aladin menegaskan bahwa, "Kegiatan Naik Dango Kabupaten Bengkayang Capkala sebagai tuan rumah

Dan sudah  direncanakan ketika Kecamatan Capkala ditunjuk sebagai tuan rumah dan hasil Kesepakatan

Direncanakan Pada tahun 2018 Presiden MADN Drs.Cornelis.MH akan hadir di Rumah Adat Dayak Samalantan.

Seperti diketahui Bahwa Upacara ritual Suku Dayak sebagain tanda ucapan syukur atas hasil panen padi setiap tahun dan dilaksanakan setiap tahun. Karena itu juga ini adalah budaya adat maka harus dilestarikan.

Seluruh kegiatan Naik Dango tingkat Kabupaten masuk pada zona II Kecamatan Samalantan,Monterado,Lembah Bawang,Capkala,Sungai Raya dan Sungai Raya Kepulauan.

Oleh karena itu Panitia harus mempersiapkan acara ini dengan sebaik baiknya karena suatu amanah dalam hal untuk melestarikan budaya yang tetap diwariskan kepada generasi selanjutnya, dan melalui naik dango juga dapat mempromosikan daerah Kabupaten Bengkayang kepada dunia luar," tutup Aladin.

Sekretaris DAD Kecamatan Samalantan Iyan. SH mengutarakan bahwa DAD Kecamatan Samalantan membantu kelancaran Panitia Pelaksanaan Acara Naik Dango yang akan diselenggarakan pada 10-15 Mei 2018 mendatang. 

Adapun perencanaan dalam kegiatan akan menghadirkan sekitar 10-20 ribu warga yang akan mengikuti setiap perlombaan yang diselenggarakan panitia pelaksana 

Oleh karena itu kami menghimbaubseluruh warga yang ada di wilayah Zona II mencakup enam kecamatan untuk hadir pada kegiatan tersebut karena kami juga akan mengundang setiap Instansi dan lembaga untuk hadir pada pelaksanaan Naik Dango kali ini, " pungkas Iyan (Kur) 

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS