Panji Bupati Melawi Kunjungi Limbah Pabrik PT. CM

Selasa, 06 Februari 2018


KUNJUNGAN KERJA TIM BUPATI MELAWI PANJI. S.Sos. KE PABRIK KELAPA SAWIT PT. CITRA MAHKOTA.

Melawi (Sorot Post) - Bupati Melawi Panji bersama rombongan Pemerintahan Kabupaten Melawi melakukan kunjungan ke Pabrik Kelapa Sawit PT. Citra Mahkota pada senin (5/2/17) pagi, adalah ingin melihat langsung  apakah PT. CM menerapkan sistem pembuangan limbah produksi sawit berdasarkan prosedur atau tidak.
Seperti dikatakan oleh Panji Bupati Melawi pada media www.Sorotpost.com dalam kunjungannya yang langsung turun dilapangan melihat PT. CM apakah ada dampak pencemaran limbah atau tidak terhadap sungai sungai yang ada disekitar pabrik PT. CM.
"Kalau musin penghujan dan hujannya lebat  apakah sungai sungai yang ada di sekitar pabrik meluap hingga ke kolam-kolam limbah pabrik, tapi kalau saya melihat disini tidaklah seperti anggapan banyak orang, " papar Panji.
Kalau bisa saya memberi saran,  Lanjut Panji,  kolam-kolam limbah pada pembuangan terakhir harus diberi ikan memang saya belum bisa memahami secara teori dampak kalau pembuangan limbah terakhir ditaburkan ikan tapi setidaknya kalau ada pengunjung atau masyarakat ingin melihat lihat pabrik atau meihat limbah setidaknya ada kesan yang positif bagi setiap pengunjung.
"Saya berharap pihak perusahaan untuk melakukan pengawasan dan pengontrolan pembuangan limbah limbah kolam-kolam  tersebut agar tidak ada yang jebol yang dalam merugikan semua pihak.  Dan kean saya cukup yakin dengan apa yang ada disini dan saya harap semuanya bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan aturan main yang berlaku saya harap semua pihak dapat memberikan kontribusi positif karena harapan kita satu-satunya semua kegiatan dan aktifitas yang ada disini bisa berhasil dengan maksimal dan sebagai masyarakat juga seperti itu. Karena saya melihat ini riil seperti yang saya sampaikan dalam pengarahan tadi,  kondisi rill nya seperti perusahaan pabriknya  sudah berjalan dan kebun kelapa sawit juga punya,  berarti  dengan masyarakatnya minimal tidak banyaklah yang merupakan selisih dan merupakan tidak cocok dan nyatanya perusahaan /pabriknya sudah berjalan dan harapan saya degan adanya hubungan yang telah ada dan baik ini  bisa di kembangkan oleh semua pihak yang ada ini, Sedangkan untuk masalah status perijinan sudah tidak ada permasalahan karena ijin intgrasi antara  pabrik dengan kebun dan proses perijinan sudah berjalan pada saat Almarhum Bupati kabupaten melawi yang pertama  dulu dan sekari kita tidak lagi mengeluarkan segala ijin tapi saya ingin melihat secara langsung itu saja dan termasuk sikap saya sebagai Bupati untuk mengawasi PT.CM pernah mengajukan perubahan adendum amdal tapi pengajuan adendum amdal tersebut tidak keluar dari lingkungan mereka sendiri maksudnya  PT. CM.  kawasan  pabrik mereka, jadi intinya perpindahan lokasi tapi di dalam ijin mereka sendiri dan mekanisme yang di pakai adalah mekanisme adendum dan itu dibenarkan dan  aturan karena adendum tersebut mengikut aturan terkecuali mereka keluar itu adalah lain hal,"terang Panji Bupati Melawi (Red./Hadi)

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS