85 Poktan Menerima Handtractor Pempov Kalbar

Jumat, 01 Desember 2017


Landak (Sorot Post)- 85 unit handtractor diserahkan kepada ke kelompok tani Yang terdiri 13 kecamatan  kabupaten Landak Kalbar pada Kamis sore (30/11/17) oleh Bupati, dan wakil Bupati Kabupaten Landak diaula kantor Dinas pertanian, perikanan dan ketahanan Pangan Kabupaten Landak. 
Penyerahan handtractor sore kemarin merupakan wujud program Pemerintah Daerah kepada Petani, menurut Vinsensius, S. Sos.MA Kepala Dinas Pertanian,  Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak,  pada Kamis sore (30/11/17) dalam sambutannya, Penyerahan bantuan handtractor 85 unit kepada 85 kelompok tani adalah bantuan langsung dari dana APBD Provinsi Kalimantan Barat tahun 2017 melalui usulan resmi Karolin Magret Natasa Bupati Landak. 
"Kami mengemas Poktan-Poktan dan Administrasinya dan pembagian wilayah," ungkap Vinsensius.
Poto : 85 Unit Handtractor Yang Diserahkan Ke 85 Poktan 

Vinsensius mengatakan,  jumlah kelompok tani berjumlah 1.700 kelompok tani,  sedangkan dalam kurung waktu selama tiga tahun baru 600 unit handtractor yang disalurkan kepada kelompok tani dan masih kekurangan sebanyak 1.100 unit handtraktor. 
"Harapan kedepan kepada petani agar meningkatkan tanaman padi dalam satu tahun tiga kali tanaman musin dan bagi kelompok tani yang belum mendapat bantuan handtraktor dari Pemerintah Kabupaten Landak,  diharapkan untuk memperkuat manajemen keluarga dan kelompok agar jangan terpaku pada bantuan Pemerintah dan harus sabar, nanti ajukan lagi bisa melalui Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi dan bagi kelompok swadaya yang mampu untuk mempertahankan karna kita juga mengejar kwalitas karna bagi yang kelompok swadaya mampu membeli alat sendiri untuk mempertahankan kelompoknya," harapnnya. 
Vinsensius menambahkan  cetak cetak sawah yang sudah dicetak untuk segera masyarakat olah,  memang diakui masih banyak kekurangan yang harus dibenahi terutama masalah air dan pengairan akan tetapi kita telah upayakan untuk melakukan dengan cara alat popanisasi, dan target kita semua percetakan sawah yang sudah dicetak agar bisa dimanfaat oleh petani, tambah Vinsensius. 
Begitu juga pesan saat disampaikan oleh Karolin Magret Natasa Bupati Landak untuk para kelompok tani agar menjaga dan merawat handtraktor kelompoknya jangan dijual karna handtractor ini merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi melalui bapak Cornelis Gubenur Kalbar, dan Bupati Landak yang belum satu tahun menjabat ini,  meminta kepada kelompok tani agar setiap kelompok tani (Poktan) harus mengurus legalitas kelompoknya melalui Notaris sesuai dengan peraturan yang berlaku saat ini. Karolin Berharap agar dinas Pertanian,  Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak untuk mencari dan mengarahkan kelompok tani ke Notaris mana dan tentunya harus ada kerjasama antara dinas terkait dengan Notaris,  pinta Karolin. (Red. Y)

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2017 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS