Restorasi Gambut Kalbar

Senin, 13 November 2017

poto :Cara Rapat Koordinasi Restorasi Gambut

Pontianak (sorotpost)- Potensi Gambut Kalbar sebesar 1,6 Juta Hektar. Potensi ini perlu dikelola dengan baik agar Gambut tetap lestari. Untuk itu perlu dilakukan kerja keras dan kerja cerdas menangani Gambut.

Menurut Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Perumahan Rakyat Kalimantan Barat, Ir Adi Yani bahwa Lahan Gambut di Kalbar ini mencapai 1,6 Juta Hektar. Sumber Daya Alam berupa Gambut ini harus dikelola dengan baik.

Untuk itu digelarlah acara Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan juga bisa Restorasi Gambut Provinsi KalBar yang dihelat di Grand Mahkota Hotel, Senin 13 November 2017. Acara yang mengusung Thema Melalui Konsolidasi Terwujud Kesamaan Informasi dan Persepsi Dalam Restorasi Gambut ini menampilkan 4 Pembicara yaitu Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Perumahan Rakyat Ir Adi Yani, Kabid Perlindungan Hutan Harsono, Kadis Perkebunan Ir Anom dan Kepala BPBD TA Nyarong.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, TA Nyarong Potensi Gambut ini  rentan terhadap kebakaran. Sejak tahun 2015 pun sudah banyak lahan Gambut yang terbakar dan menyebabkan bencana asap yang tidak hanya menyebabkan polusi udara di Kalbar saja tetapi meluas hingga ke Malaysia dan Singapura. Ini bisa menjadi bencana Asean. Berbagai aspek kehidupan masyarakat pun terganggu.

Ia menambahkan bahwa apabila kepala daerah lalai menanggulangi bencana karhutla ini bisa diberhentikan dari jabatannya. Ini tidak main main.

Karhutla ini bisa dilakukan dengan cara di Boom dengan Boom air dari udara. Berbagai heli kopter pun dioperasikan untuk menanggulangi karhutla di KalBar.

Ada 104 Desa yang potensi karhutlanya cukup besar. Dana pencegahan kebakaran hutan dan lahan gambut ini perlu dihimpun agar data nya sama antara satu dinas instansi. Dana penanggulangan karhutla ini menurut Menteri   40 milyar lebih untuk Kalbar.(Tri)

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS