Aplikasi E Rekomtek Mudahkan Pemohon Dapat Air

Sabtu, 25 November 2017

Pontianak (Sorot Post) - Seperti diketahui bersama bahwa proses perizinan di Indonesia sangat lama, panjang dan berbelit Belit. Hal ini dirasa  Presiden RI Joko Widodo sangat menghambat Investasi.

Untuk itu SDA sebagai salah satu balai yang mengeluarkan perizinan pemanfaatan Sumber Daya Air merasa perlu untuk mengeluarkan Aplikasi yang mampu menyediakan informasi yang lengkap.


Kepala Balai SDA Provinsi Kalbar, Ir Iriandi Azwartika dalam acara sosialisasi E Rekomtek di Aula Kantor SDA, Jum'at, 24 November 2017 mengatakan bahwa ada  isu strategis bahwa Rekomtek merupakan layanan publik. 

Semakin banyaknya pemohon izin penggunaan Sumber Daya Air, Penggunaan Data Base hidrologi belum dapat digunakan secara optimal. Dan tata cara penggunaan dan pengelolaan belum disusun secara rinci.

Adapun dasar hukum rekomtek ini adalah Permen PUPR 20/PRT/M/2016 Tentang Organisasi dan tata kerja Unit Pelaksana Teknis di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 
OrganisasiR No 01/PART/M/2016 Tentang tata cara perizinan pengusahaan SDA dan Penggunaan Sumber Daya Air.

SE Menteri PUPR No 18/SE/D/2016 Tentang Pedoman Umur Penerapan Sistem perizinan pengusahaan Sumber Daya Air dan penggunaan Sumber Daya Air berbasis teknologi informasi dilingkungan direktorat sumber daya air. 

SE Dirjen SDA No 12A/SE/D/2016 tentang prosedur penyusunan rekomendasi teknis perizinan penggunaan Sumber Daya Air dan penggunaan Sumber Daya Air di Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

Iriandi menambahkan bahwa Aplikasi E Rekomtek ini akan di launching oleh Dirjen pada hari bakti PU 3 Desember 2017 di Jakarta. " Aplikasi ini akan dilaunching oleh Dirjen pada hari bakti PU 3 Desember 2017 di Jakarta." kata Iriandi mantap.

E Rekomtek merupakan decision support system' yang menampilkan out put berupa kelayakan pemohon dalam mengajukan rekomendasi teknis.

Tujuan E Rekomtek ini adalah untuk meningkatkan layanan informasi sehingga mempermudah pemohon dalam mendapatkan informasi pengajuan rekomendasi teknis. Memudahkan pemohon mendapatkan informasi tentang alokasi yang tersedia sebelum mengajukan permohonan rekomendasi teknis.

Memudahkan pemohon dalam melihat dan menentukan lokasi yang memungkinkan dalam mengajukan rekomendasi tertentu.Meminimalisir antrian dan memangkas waktu tunggu yang sering menjadi kendala pada saat registrasi.

Memudahkan pemohon dalam melihat status pendaftaran pemohon. Memudahkan dalam verifikasi sehingga meningkatkan efektifitas dan efisiensi Unit rekomtek.  (Tri)

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS