Timanggong Meminta Bupati Landak Bantu Masyarakat Untuk Mencabut Ijin HGU HP

Rabu, 18 Oktober 2017

Badirnata Koordinator Tomanggong Kabupaten Landak

Landak (Sorot Post) -Koordinator Timanggong Kabupaten Landak, Badirnata pada selasa (18/10/17) pagi di jalan jalur dua ngabang Kecamatan Ngabang, meminta kepada Bupati Landak, dan Kementerian Agraria untuk membantu masyarakat Dusun Panji Desa Bagak Kecamatan Menyuke Kabupaten Landak Kalimantan Barat mencabut HGU status hutan HP (Hutan Produksi)  milik Negara.
Ada sebanyak 55 kepala keluarga yang bertanda tangan merasa resah dan terganggu dengan status tanah mereka yang yang dicablok oleh pihak pihak penguasa.
"Kami Masyarakat dusun Panji Desa Bagak Kecamatan Menyuke kabupaten Landak yang terdiri dari 55 kepala keluarga merasa risih resah dan terganggu oleh prilaku oknum oknum  HP yang berada dijakarta mencaplok hak hulayat kami yang ditempati beribu ribu tahun lamanya yang diwariskan oleh nenek moyang kami saat ini, " terang Badirnata.
Badirnata Memohon kepada Bupati Landak,  Karolin Margret Natasa membantu kami masyarakat dusun panji desa bagak kecamatan menyuke mencabut HGU HP yang dipatok pada tahun 2013  tampa musyawarah dengan masyarakat,  sebab kalau ditinjau berdasarkan keputusan MK No.35/ PUU/2012. Makkamah konsitusi menegaskan hutan adat adalah hutan yang berada diwilayah adat dan bukan lagi hutan negara
yang dikuasi oleh orang kaya yang selalu menindas rakyatnya, tutur Badirnata.
Masyarakat dusun panji pernah membuat surat kepada Bupati Landak pada tanggal 29 Agustus 2015 tentang pencabutan ijin HGU HP masyarakat dusun panji, namun Bupati Landak kala itu tidak menggubris surat masyarakat. Pada tanggal 27 september 2016 masyarakat kembali memberi surat kepada Menteri Kehutanan dan lingkungan hidup dan Menteri Agraria di jakarta tetapi tidak ada tanggapan,  selanjutnya pada tanggapl 10 Agustus 2017  Masyarakat Dusun panji memberi lagi surat kepada Bupati Landak untuk meminta mengembalikan tanah dan hutan adat yang ada didaerah itu,  papar Badirnata. (Red. Y)

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS