Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Kalimantan Barat.

Rabu, 20 September 2017

Pontianak (Sorot Post) -Tujuan pembangunan millenium atau yang dikenal dengan Millenium Development Goal (MDGs) merupakan agenda pembangunan yang ditandatangani oleh pemimpin pemimpin 189 Negara pada tahun 2000. MDGs berisikan 8 tujuan, 18 target dan 67 indikator yang berakhir pada tahun 2015.

Sebelum berakhirnya pelaksanaan MDGs,pada UN Summit on MDGs 2010 telah dirumuskan agenda pembangunan dunia yang baru setelah tahun 2015. Hal ini diperkuat dengan disepakatinya dokumen The Future We Want pada UN Conference on Sustainable Development 2012.

Untuk itu Bappeda Provinsi Kalimantan Barat menggelar acara Sosialisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Provinsi Kalimantan Barat. Acara yang digelar di fungtion hall hotel Kapuas Palece Pontianak ini diikuti oleh 200 an orang peserta dari SKPD dilingkungan Provinsi KalBar, para bupati/walikota se KalBar, NGO dan sejumlah Jurnalis, Rabu 20-9-2017.

Pada acara ini juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan di Kalimantan Barat. Para Bupati/Walikota Se Kalbar atau yang mewakili, Akademisi, Kadin turut serta dalam penandatanganan tersebut.

Seperti diketahui bersama TPB diformulaskan pertama sejak 19 Juli 2014 dan diajukan pada majelis umum perserikatan bangsa-bangsa (PBB) oleh Kelompok Kerja Terbuka Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Open Working Group on Sustainable Development Goals). Tujuan ini dideklarasikan pada 25 September 2015 oleh 193 Negara, termasuk Indonesia dalam sidang umum PBB di New York. TPB berisikan 17 tujuan yang ingin dicapai pada tahun 2030.

Kepala Bappeda Provinsi Kalbar, Ahie MP dalam sambutannya mengatakan bahwa acara Sosialisasi TPB ini dilaksanakan agar tujuan TPB dapat dicapai dengan baik. TPB  berisikan 17 tujuan diantaranya mengakhiri segala bentuk kemiskinan dimana pun. Menghilangkan kelaparan mencapai ketahanan pangan dan gizi yang baik,serta meningkatkan pertanian berkelanjutan. Menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan seluruh penduduk semua usia.

Sementara itu Wakil Gubernur KalBar, Drs Christiandy Sanjaya MM mengatakan bahwa MDGs dengan 8 tujuannya pada masa itu telah berakhir tapi masih menyisakan PR yang belum tercapai. Oleh karena itu semua harus bekerja keras untuk mencapai tujuan TPB. Saat ini untuk  tingkatan lokal KalBar ada 24 indikator yang sudah tercapai dan ada 29 indikator lainnya yang belum tercapai. (Tri)

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS