Karolin: Politik Itu Adalah Seni Dan Merebut Kekuasaan

Kamis, 28 September 2017

Landak (Sorot Post) -Ngabang (27/09/17) pagi,  Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa mengatakan politik adalah seni dalam merebut kekuasaan baik secara konstitusional maupun inkonstitusional. Hal ini di ungkapkannya saat membuka kegiatan sosialisasi pendidikan politik masyarakat dalam rangka pemilihan umum kepala daerah tahun 2018 untuk meningkatkan kesadaran berpolitik bagi generasi muda di Aula Besar Kantor Bupati Landak, Rabu.
Hadir saat itu, Ketua KPUD Landak, Lomon, SE, Anggota DPRD Landak, Cahyatanus, SH, Kepala Kantor Kesbangpol Landak, Drs. Benipiator, Mahasiswa/i serta pelajar SMA/MA se Kota Ngabang.
“Politik itu adalah seni untuk merebut kekuasaan, merebut kekuasaan itu baik secara konstitusional maupun non konstitusional. Makanya ini yang orang selalu katakan bahwa politik itu kotor karena secara konstitusional itu berarti mengikuti aturan, ataupun melalui cara non konstitusional yang artinya itu melalui kudeta itu masuk dalam politik dan itu sah,” ungkap Karolin.

Dalam rangka pengembangan kehidupan demokrasi, diperlukan pendidikan politik bagi masyarakat. Generasi muda sebagai penerus tongkat estafet bangsa mempunyai hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Menurut mantan anggota DPR RI itu, prinsip dasar dalam berpolitik adalah memajukan peradaban, memperbaiki kehidupan manusia serta mensejahterakan masyarakat. Jika proses politik yang terjadi tidak dilandasi atas prinsip tersebut, bisa dikatakan terdapat kesalahan pada sistem politik yang ada.

“Tanpa sistem politik yang baik, tanpa proses politik yang baik melalui pemilu, kita akan kacau, kita akan keos, dan tidak mungkin kita bisa hidup dalam kehidupan masyarakat yang begitu besar,” tegas Karolin.

Wanita kelahiran Mempawah 35 tahun silam itu juga menambahkan keterlibatan masyarakat terhadap proses politik sangat penting untuk mencapai tujuan yakni menghasilkan pemimpin yang berkualitas, berintegritas dan kompeten dalam menjalankan tugasnya.

“Harapan kita kedepan masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif dalam proses politik, memiliki pertimbangan yang rasional dalam memilih, memiliki kemampuan untuk menimbang, kemampuan untuk menilai pimpinan sehingga dalam proses politik itu akan dihasilkan pemimpin yang berkualitas dan mampu mengemban tugas yang diamanhkan.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Karolin berpesan bagi generasi muda Kabupaten Landak yang ingin terlibat didalam dunia politik wajib mengetahui dasar-dasar dalam berpolitik,  memahami aturan serta keterlibatan di dunia politik.

“Jadi bagi adik-adik sekalian nanti jika terjun kedunia politik harus tahu definisinya, harus tahu aturannya, harus paham dengan regulasi yang mengatur dan harus paham apa yang mendasari perlunya kita memiliki keterlibatan aktif didunia politik,” pungkas Karolin.(Red.Y)

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS