Husni :Orang Asing Adalah Orang Yang Bukan Warga Indonesia

Rabu, 16 Agustus 2017

Pontianak (Sorot Post) - Kepala Imigrasi Pontianak, Husni Thamrin SH MH mengatakan bahwa Visa Republik Indonesia yang selanjutnya disebut Visa adalah keterangan tertulis yang diberikan oleh pejabat yang berwenang di Perwakilan Republik Indonesia yang memuat persetujuan bagi orang asing untuk melakukan perjalanan ke wilayah Indonesia dan menjadi dasar izin tinggal.

Hal tersebut disampaikan Husni diacara Rapat Koordinasi Tentang Pendaftaran Permohonan Izin Tinggal Terbatas Secara Elektronik Dan Pemberian Izin Tinggal Terbatas Elektronik yang digelar di Hotel Harris Pontianak, Rabu 16-8-2017.

Izin tinggal adalah izin yang diberikan kepada orang asing oleh pejabat imigrasi atau pejabat dinas luar negeri untuk berada di wilayah Indonesia.

Izin tinggal terbatas adalah izin yang diberikan kepada orang asing untuk tinggal dan berada di wilayah Indonesia untuk jangka yang terbatas

Tanda masuk adalah tanda tertentu berupa cap yang dibubuhkan pada dokumen perjalanan warga negara Indonesia dan orang Asing, baik manual maupun elektronik, yang diberikan oleh pejabat Imigrasi sebagai tanda bahwa yang bersangkutan masuk wilayah Indonesia.

Lebih lanjut Husni menjelaskan bahwa Orang Asing adalah orang yang bukan warga Indonesia. Penjamin adalah orang atau korporasi yang bertanggungjawab atas keberadaan dan kegiatan orang asing selama berada di wilayah Indonesia. Penanggungjawab adalah suami/istri atau orang tua warga negara Indonesia.

Saat ini mendaftar permohonan izin tinggal terbatas sudah dapat dilakukan secara elektronik melalui aplikasi www.imigrasi.go.id. Sejak dioperasikan nya aplikasi online selama dua bulan ini sudah ada 6 WNA yang mengajukan izin tinggal secara elektronik. (Tri/jo)

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS