9 DAD KECAMATAN BEPARTISIPASI DALAM GAWAI DAYAK XI

Kamis, 04 Mei 2017

Melawi (Sorot post)- Ketua DAD Kabupaten Melawi Sudarmono Otong, S.Th., M. Pd.K dalam sambutannya saat Pembukaan Gawai Dayak XI tahun 2017 Kab Melawi yang di hadiri oleh 60 orang tamu kehormatan negara tetangga Serawak dan Sabah yang menuturkan bahwa Gawai Dayak adalah perayaan yang diadakan di Kabupaten Melawi dan di laksanakan oleh suku Dayak asli Kabupaten Melawi di antaranya; Ibatn, Kubitn, Kebahatn, Keninjal, Kenyilu, Melahoi, Limbai, linoh, Seberuang, Barai, Randuk, Ransa, Pangin, Nyadum, Ud' Danum, dan suku Keluas secara bersama- sama mendaftarkan diri dalam perlombaan seperti; display budaya, tari kreasi, solois lagu daerah Melawi, Bujang Dara, menyumpit, mengayam, melukis perisai, menumbuk padi, busana Dayak anak dan dewasa, dan banyak lagi kegiatan lainnya  yang penuh semangat peserta bersaing untuk mencapai prestasi terbaik. 

Gawai Dayak bertujuan menggali kearifan lokal melalui adat istiadat dan budaya adat yang sampai saat ini sudah hampir tenggelam karena arus moderenisasi. Selain itu gawai bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas berkat dan pertolonganNya selama satu tahun berjalan, tuturnya. Menurut Ketua DAD yang juga di sapa Sudarmono bahwa gawai Dayak XI tahun 2017 dua kecamatan yang belum berpartisipasi dalam kegiatan ini yaitu Kecamatan Tanah Pinoh dan Kecamatan Sokan dan ketika di komfirmasi bahwa salah satu alasan mereka tidak berpartisipasi karena tidak punya anggaran.

 Keterlibatan pemerintah yang dalam hal ini camat sangat penting karena antara pemerintah dan lembaga adat saling berhubungan. 

Dalam sambutan Bupati Melawi  terhadap kegiatan Gawai Dayak, saat acara penutupan, kedepan tidak ada lagi kecamatan atau Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan yang tidak mendukung kegiatan gawai Dayak. Oleh karena itu camat dan DAD hendaklah seiring dan sejalan dalam menggali potensi yang ada dalam rangka meningkatkan semangat juang anak muda khususnya di bidang seni dan budaya. Sebab melalui sektor ini dapat menarik wisatawan investor asing untuk masuk ke Kabupaten Melawi dalam kerangka mensejahterakan masyarakat Adat Kab. Melawi. DAD Kab Melawi memberikan apresiasi kepada camat dan DAD Kecamatan Ella Hilir yg tampil sebagai juara umum dan peserta terbanyak dari 9 Kecamatan yg mengikuti kegiatan Gawai Dayak tahun ini dengan jumlah kontingen 760 orang 17 unit kendaraan roda empat terdiri inova, avanza bahkan dump truck dipakai untuk alat transportasi kontingen dengan meraih 6 piala disusul 5 piala bagi SMK BISA Sabjanoba. Bagi yg belum meraih prestasi trus berjuang dan berlatih, bagi yang sudah berprestasi pertahankan. Menurut Sudarmono juara satu dalam perlombaan Gawai Dayak XI tahun ini akan di ikutsertakan dalam lomba gawai Dayak Kalimantan Barat tgl 20-27 Mei 2017. (Hadi)

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS