Iklan Hari Pahlawan nasional 10 Nov 2018

Polda Kalbar Ajak Masyarakat Melawi Jaga Kamtibmas

Rabu, 19 April 2017

Melawi (Sorot Post) -Guna mengantisipasi gangguan Ketertiban Masyrakat (Kammtibmas) di Wilayah hukum Kalimantan Barat, salah satunya di Kabupaten Melawi, Polisi Daerah (Polda) Kalimantan Barat diwakili Wakil Direktur (Wadir) Binmas Polda menggelar tatap Muka bersama Forkofimda, Instansi Pemerintah, Tomas, Toga, Toda dan LSM, Selasa (18/04) di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi
Dir Binmas Polda Kalbar yang diwakili oleh Kasub Dit Binmas Polda Kalbar, AKBP Harjito, B.Sc, SH mengatakan, kegiatan tatap muka yang dilakukan pihaknya merupakan program Polda Kalbar di JAJARAN Polda Kalbar, salah satunya Kabupaten Melawi.
“Tujuannya menjalin selaturrahmi antara instansi pemerintah dan seluruh elemen masyarakat dan memberikan gambaran tentang kondisi Kamtibmas di Indonesia, Kalbar khususnya Melawi,” katanya
Masih menurutnya, di Kalbar sendiri ada beberapa kerawanan konflik. Diantaranya masalah lahan perkebunan, sengketa perbatasan dan lain-lain. Salain itu, pihaknya juga fokus terhadap kejahatan kenfensioanl, terorisme, karhutla dan narkoba. “Pesoalan-persoalan semacam itu menjadi perhatian kita saat ini,” ucapnya.
Untuk itu, atas terlaksananya kegiatan ini, diharapkan agar masyarakat mengerti bahwa tanggung jawab kamtibmas tidak hanya tugas polisi dan aparatur pemerintah. Melainkan harus ada kerjasama dengan masyarakat. Terutama berpartisipasi dalam memberikan informasi yang menjadi penyebab gangguan kamtibmas.
“Seperti yang saya sampaikan, paling tidak menjadi polisi bagi diri sendiri. Jangan menjadi korban maupun pelaku kejahatan,” timpal dia.
Dalam menjaga kekondusifan, diharapkan juga informasi masyarakat terhadap potensi konflik agar disampaikan kepihaknya. Itu diminta supaya ditindaklanjuti agar potensi tersebut tidak bisa diatasi bersama-sama. Terlebih, ia menilai pertemuan hari ini disambut antusias oleh perwakilan masyarakat yang hadir.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasub Dit Kerma Dit Binmas Polda Kalbar AKBP Harjito, B.Sc, SH beserta rombongan, Kapolres Melawi AKBP Oki Waskito, SH  S.IK, M.Si, Wakapolres Melawi Kompol Catur Prasetiyo, S.IK, Sekda Kab. Melawi Drs. Ivo Titus Mulyono, M.Si, Ketua Tim PWG Provinsi Kalbar Ny. Aida Muhtar,S.Ag, M.H, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Melawi Ny. Hj. Nurbetty Eka Mulyastri Panji, Danramil Nanga Pinoh Kapten Inf. M. Khaerudin, Komandan Kompi Senapan A 642 Kapuas diwakili oleh LETTU Inf. Asnari, LO Kodim yang diwakili oleh Bintara Penghubung Intel Kodim Pelda Paulinus., Para kabag, kasat, kasi, Kapolsek dan perwira Polres Melawi, Para Kepala SKPD dan Forkopimda Kab. Melawi, Perwakilan dari pengurus Bhayangkari, Perwakilan dari pengurus Persit Kartika Chandra Kirana., para Kepala Desa diwilayah Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi, Tomas, Toga, Todat dan Toda di Kab. Melawi
Sementara Kapolres Melawi, AKBP AKBP Oki Waskito, SH S.IK, M.Si menyambut positif program Polda Kalbar yang diselanggarakan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi. Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk menambah komunikasi dan koordinasi kepada semua lintas, baik pemerintah maupun masyarakat.
“Kegiatan semacam ini akan kita tindak lanjuti secara kontinue, baik berupa Coffe Morning ataupun lainnya agar silaturrahmi tetap terjaga. Sehingga apapun kendala yang terjadi di masyarakat yang berpotensi menggangggu kamtibmas bisa diselesaikan,” tutur Oki.
Menurut Oki, untuk menjaga Kamtibmas adalah merupakan tugas bersama. Untuk itu diharapkan hasil dari pertemuan ini tercipta situasi Kamtibmas yang kondusif di Melawi. Terlebih lagi tugas dari Polres Melawi salah satunya menjaga kekondusifan Kamtibmas diwilayah hukum Melawi.
“Dari itu saya selaku pimpinan di Polres Melawi sangat mengharapkan kerjasama dari seluruh masyarakat untuk sama-sama menjaga kekondusifan yang sudah ada,” tuturnya(R.O. Manalu)

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS