Iklan Hari Pahlawan nasional 10 Nov 2018

Marcelinus Daniar Jabat Ketua Pemuda Dayak

Sabtu, 08 April 2017

Sekadau (Sorot Post) - Wakil Bupati Sekadau,Aloysius SH,M.SI, Sabtu (8/4/2017) pagi, secara resmi membuka kegiatan "Bepekat" (Musyawarah) penyegaran kepengurusan Persatuan Pemuda Dayak Kabupaten Sekadau, kegiatan yang dilaksanakan di Betang Yout Center Jl.  Panglima Naga Sekadau.

Aloy, dalam sambutanya menyatakan selaku Pemerintah Daerah, pihaknya mengapresiasi penyegaran kepengurusan Pemuda Dayak Kabupaten di Sekadau.

Diharapkan kedepan di susun program kerja serta kepengurusan dan dalam rangka membangun Sekadau," pesan Wabup.

Dikatakan, Aloy terbentuknya persatuan Pemuda Dayak ini bercikal bakal dari Dewan Adat Dayak (DAD) yang memiliki sayap organisasi yang menaungi generasi penerus Dayak di Sekadau.

Selain itu, Aloy  juga berharap agar Pemuda Dayak tetap menjaga toleransi dan persatuan di Kabupaten Sekadau serta eksis dalam kegiatan sosial dimasyarakat bersama forum dan organisasi lainya.

"Hal ini sangat diinginkan Pemerintah daerah sehingga pembangunan dapat lebih dipercepat oleh pemerintah daerah, baik secara pisik maupun mental masyarakat secara khusus generasi muda Dayak Sekadau ini" tukasnya.

Tak kalah penting, Wabup juga mengingatkan agar  Pemuda Dayak Sekadau menjauhi hal-hal negatif seperti Narkoba,Miras yang menyebabkan kematian, sex bebas dan kenakalan -kenakalan remaja yang bisa berakibat berurusan dengan Adat dan hukum positif .

Ketua harian DAD Kabupaten Sekadau, Welbertus Willy, berpesan agar  setelah terbentuk kepengurusan pemuda dayak dapat dilaksanakan pertemun-pertemuan serta meningkatkan eksistensi pemuda dayak.

"Eksistensi  perlu di tunjukan, dan mengambil peran dalam berbagi kegiatan pembangunan bersama pemerintah daerah.seperti mengawal jalanya proyek pemerintah, mengambil titik parkir,mengawal jalanya peribadatan hari besar umat beragama bersama petugas keamanan," papar Welly.

Ia juga berharap kedepan setelah terbentuk, pengurus Pemuda Dayak tetap  menjaga persatuan dengan sub suku dan suku lainya di Kabupaten Sekadau.

Ketua tim Formatur kegiatan, Marcelinus Daniar SH, menyatakan, kegiatan ini merupakan penyegaran kepengurusan pemuda dayak Kabupaten Sekadau yang sudah ada beberapa tahun lalu.

"Pihak yang diundang adalah 14 Paguyuban Dayak di Kabupaten Sekadau," jelas Marcel.

Musyawarah "Bepekat" Berlangsung dengan pembacaan persayaratan dan calon ketua  yang idenpendensi, tidak terlibat aktif  dalam kepengurusan  pertai politik, berjiwa sosial tinggi,  dan harus bisa merangkul semua kalangan menjadi persyaratan mutlak.

Melaui musyawarah mupakat (BEPEKAT) masukan DAD dan tokoh adat masyarakat adat Dayak di Sekadau, akirnya Marcelinus Daniar, SH. resmi di tujuk menjadi Ketua Pemuda Dayak Kab. Sekadau priode 2017-2020 mendatang.

"Secara pribadi saya mengucapkan terimakasih atas amanat yang di percayakan pada saya,  untuk itu bimbingan dan masukan para tokoh DAD dan masyarakat sangat kita harapkan untuk membawa pemuda Dayak semakin lebih baik, terarah, dan Sekadau maju kedepan". Ujarnya seraya menyampaikan Siap pimpin pemuda Dayak Sekadau.( Didi )

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS