Iklan Hari Pahlawan nasional 10 Nov 2018

DAD MELAWI MENYUSUN KEGIATAN GAWAI DAYAK XI.

Senin, 27 Maret 2017

MELAWI (Sorot Post) - Ketika ditemui di ruang kerjanya SUDARMONO OTONG  Ketua DAD Kab Melawi mengatakan sedang menyusun Kegiatan Gawai Dayak XI yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 sd 30 April 2017 di lapangan Raden Temenggung Setia Pahlawan, menurutnya kegiatan gawai telah di serahkan dan dilimpahkan kepada Panitia Pelaksanaan Gawai Dayak XI Tahun 2017.  "Kepada SOPIAN HADI dalam acara  Dayak Natioanal Conggres pada minggu pagi 25 Maret di Khucing. Sudarmono Tuturkan kegiatan untuk mengisi Acara gawai tersebut antara  lain; Pameran/ stand warung,  Display budaya, Upacara Adat, Pergelaran Kesenian Daerah, Lomba lagu Daerah Dewasa, Lomba lagu Dayak Dewasa, lomba lagu Dayak Remaja, lomba bujang Dara Gawai, lomba busana Dayak Dewasa, lomba busana Dayak anak2, lomba tari Dayak Kreasi, Lomba sastra Lisan, lomba melukis perisai, lomba memahat. Lomba mengayam, lomba luliner khas Dayak, lomba Sumpit, Lomba gasing dan lomba songeng.
Kegiatan pameran, Display budaya, dan Upacara Adat, pergelaran seni dan lomba2 di atas, dipercayakan sepenuhnya kepada jajaran Panitia untuk memilih dan melaksanakan mana yang menjadi prioritas sesuai Aturan dan disesuaikan pula dengan Anggaran atau dana. Aturan artinya bekerja sesuai dgn Juknis. Anggran artinya bekerja sesuai dana.
Sudarmono" menuturkan bahwa tujuan gawai Dayak adalah sebagai tanda ucapan syukur kepada Tuhan atas panen yang melimpah sekaligus memohon kepada Tuhan untuk panen dan pekerjaan berikutnya agar di berikan kelimpahan, tidak hanya itu tetapi gawai Dayak bertujuan untuk mengumpulkan saudara- saudara yg sibuk dengan pekerjaan sendiri selama satu   siklus peladang untuk saling meneguhkan, memaafkan, dan saling berbagi pengalaman hidup.
Seiring dengan itu, Ketua Panitia Gawai Sopian Hadi"  mengatakan bersedia melaksanakan gawai Dayak XI tahun 2017  sebagaimana amanat yg telah di berikan oleh DAD kepadanya. Ia juga mengatakan bahwa yang akan hadir dalam kegiatan gawai Dayak XI tahun 2017 adalah tamu kehormatan dari Borneo Dayak Forum di Serawak dan Dayak Natioanal Conggres di Serawak Khucing. Presiden MADN, Ketua DAD Kalbar, ketua- ketua DAD Kab. Se Kalbar, Ketua-ketua DAD Kecamatan seKab. Melawi, Tomas, togam, tokoh pemuda dan masyarakat adat Kabupaten Melawi.
Yang menjadi target atau capaian DEWAN ADAT DAYAK Kabupaten Melawi menurut Sudarmono" bahwa melalui Gawai Dayak akan menghasilkan: Masyarakat adat yang berbudaya dan beradat, Pecinta Adat dan budaya yang  bekerja keras, maupun Pelaku adat yang disiplin dan tangguh, serta Nilai ekonomi kerakyatan yang mandiri, Hal ini perlu dukungan kuat dari pemerintah terkait yaitu Dinas pendidikan dan Kebudayaan, dinas Parawisata. ( hadi)

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS