Harga Raskin Naik, Warga Tanjung Sari Mengeluh

Minggu, 22 Januari 2017

Melawi (Sorot Post) -Sebagian warga desa Tanjung Sari, kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, mengeluhkan harga beras untuk keluarga miskin (Raskin) karena dijual melebih harga standar pemerintah.

“Raskin biasa dijual sesuai yang ditetapkan pemerintah Rp1650, dan sejak sebulan terakhir Raskin yang per sak 15 kg tiba-tiba dijual mencapai Rp3000 per kg atau per saknya mencapai Rp 45 ribu,” kata, salah seorang warga desa Tanjung Sari, kepada wartawan , Sabtu (21/01).

Menurutnya, harga jual Raskin tersebut telah memberatkan sejumlah warga miskin di kelurahannya, apalagi mata-pencaharian warga sehari-harinya tidak semuanya berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil. Sehingga adanya Raskin sangat membantu kelangsungan pangan sehari-hari. “Adanya program Raskin tentunya sangat membantu, namun jika harganya kelewat mahal tetap saja tidak merubah kondisi masyarakat miskin disini,” ujarnya.
Oleh karena itu, ia berharap Pemerintah Daerah segera turun dan mengecek kondisi yang terjadi, dikhawatirkan ada oknum yang mencoba bermain dalam penjualan Raskin tersebut. “Kami tak sebutkan oknum siapa, tapi yang jelas dengan harga Rp 45 ribu tentu dengan cara ini, dikhawatirkan Raskin bisa dimanfaatkan untuk keuntungan pribadi, sebab harga HET dari pemerintah sudah sangat jelas Rp.1650/Kg dijualnya Rp 45 ribu per sak, dengan alasan angkutan. Namun, akan jadi permasalahan serius bagi warga miskin,” ungkapnya.
Terkait hal itu, PJ kepala Desa Tanjung Sari, Dariyono, mengakui adanya keluhan warga tersebut. Namun harga Raskin untuk per saknya yang dijual ke warga dikelurahan tersebut untuk ukuran berat 15 kg per sak hanya dijual ke warga mencapai Rp 45 ribu per sak dan itu sudah menjadi kesepakatan antara pihak BPD dan para ketua RT serta masyarakat desa Tanjung Sari. “Kami kasih harga per sak untuk 15 kg itu Rp 45 ribu, karena diperhitungkan dengan upah tukang pikul dari lokasi jalan ke kantor yang digunakan sebagai tempat penampungan sementara,” kata PJ kades Tanjung Sari, saat dikonfirmasi Sorot, Sabtu (21/01) ,ketika ditemui di kediamannya (Mnl/Hadi)

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS