Bentuk Pencegahan, Tim Saber Pungli Landak Gelar Sosialisasi

Rabu, 07 Desember 2016

Landak (Sorot Post) - Ketua Tim Penindakan Saber Pungli Kabupaten Landak, Kompol Damianus mengatakan, untuk pelaporan sudah dilakukan namun untuk hasil dari pengungkapan Pungli sementara ini belum ada.

"Kita masih melaksanakan kegiatan sosialisasi-sosialisasi ke kantor-kantor. Ke mana masyarakat akan melapor jika ada Pungli, kita akan melakukan rapat lagi tentang kegiatan Saber Pungli selanjutnya," ujar Damianus pada Rabu (7/12/2016).

Dikatakannya, di Polres Landak atau Kabupaten Landak adalah yang pertama kali membentuk Saber Pungli di Kalbar setelah di tim di Provinsi. "Jadi selanjutnya kita akan rencanakan kerja bersama Pemda dan Kejaksaan," jelasnya.

Untuk itu yang sudah dilaksanakan hingga saat ini adalah sosialisasi kepada masyarakat, terutana yang berkaitan dengan pelayanan-pelayanan publik. Agar jangan sampai terjadi pungutan liar pada pelayanan tersebut.

"Namun seiring dengan kegiatan intelijen, karena Tim Saber Pungli ini tidak bisa langsung melakukan penangkapan. Tapi kita harus mengumpulkan bukti-bukti dulu yang valid," ungka Waka Polres Landak ini.

Setelah itu jika nanti sudah valid, dan dianggap dalam forum itu memenuhi unsur-unsur pungli. Baru akan dilaksanakan penindakan, bisa juga langsung Operasi Tangkap Tangan (OTT).

"Maka dari itu semua pelayanan publik baik yang ada di Pemerintah Daerah, Kepolisian yang berkaitan pelayanan publik dimana ada masyarakat untuk menyetorkan dana dalam rangka membayar pajak akan diawasi," bebernya.

Disamlaikannya lagi, yang dimaksud Pungli misalnya di kepolisian pelayanan SIM, dari pajak yang ditetapkan tidak sesuai. Di Pemda misalnya pembuatan E KTP, apabila melebihi ketentuan bisa juga dianggap pungli.

"Begitu juga dengan para kepala Desa, ada Dana Desa yang digelontorkan. Nanti apabila dicek penggunaannya tidak sesuai, itu juga bisa kita lakukan pemeriksaan lebih lanjut," pungkasnya. (Red/Y)

Sumber  : Tribun Pontianak

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS