Iklan Hari Pahlawan nasional 10 Nov 2018

Anggota DPRD Landak Membuat Ritual Adat Keselamatan

Jumat, 09 Desember 2016

Landak (Sorot Post) - DPRD kabupaten Landak membuat adat keselamatan sebagai adat palangkah untuk menghindari mara bahaya didepan kantor DPRD Landak Kamis (8/12). Adat keselamatan merupakan sebuah rangkaian adat-istiadat yang sudah turun temurun di jalankan dan ditekuni oleh masyarakat adat  Kanayantn orang dayak. 

Herman Topo selaku imam mengatakan, bahwa riktual upacara adat keselamatan ini bisa membendung atau meredam permasalahan yang terjadi. Selain itu, adat pamabankgn yang dibuat dihalaman kantor DPRD Landak ini bertujuan untuk melindungi seluruh anggota DPRD Landak dari mara bahaya, baik itu dari kehidupan rumah tangganya maupun keselamatan dalam perjalanannya," ujar Topo.
Sementara itu, anggota DPRD Landak, Sabirin mengatakan, adat keselamatan ini adalah adat pelangkah untuk menghindari lagi kejadian-kejadian yang bisa saja akan muncul.
"Seperti anggota DPRD Landak yang sudah kehilangan dua teman kami anggota DPRD Landak,  yaitu Sopian dan Epdi sudah di panggil oleh yang maha kuasa. Mudah-mudahan setelah dibuat adat keselamatan sebagai adat palangkah (bahasa Dayak Kanayatn) ini bisa mendinginkan kehidupan semua anggota DPRD serta masyarakat Landak dalam keadaan sehat walapiat.
Tujuan dan kebersamaan anggota DPRD beserta staf dalam membuat adat keselamatan tersebut untuk keselamatan bersama.(Sartiman)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS