Karolin : Landak Perlu Bangun Bumdes Setiap Desa

Sabtu, 26 November 2016

Landak (Sorot Post) - Calon Bupati Kabupaten Landak Karolin Margret Natasa mengatakan Kabupaten Landak perlu memiliki banyak Badan Usaha Milik Desa guna memaksimalkan potensi pertanian dan menggerakkan perekonomian di kabupaten itu.

"Saat ini ada satu desa di Landak yang telah mengikuti pelatihan Bumdes di Solo, dan desa ini akan menjadi percontohan Bumdes di Landak. Ke depan Landak memang memerlukan banyak Bumdes, bila perlu setiap desa memiliki satu Bumdes untuk memaksimalkan potensi yang ada dan menggerakkan perekonomian masyarakatnya," kata Karolin, Landak, Jumat.

Dia mengatakan, jika dirinya dipercayakan masyarakat untuk memimpin Landak lima tahun kedepan, pihaknya akan mendorong pembentukan Bumdes tersebut, agar perekonomian masyarakat bisa lebih maju.

"Bumdes ini tentu nantinya akan mendorong perekonomian masyarakat, sehingga desa bisa lebih mandiri dan pembangunan di tingkat desa bisa lebih cepat," katanya.

Dengan ADD dan Dana Desa yang disalurkan oleh pemerintah pusat dan kabupaten kepada pemerintah desa, tentu harus dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah desa dengan mengalokasikan penggunaannya secara tepat sasaran.


Mengenai SDM untuk mengelola Bumdes tersebut, Karolin mengatakan, pemerintah desa bisa menggunakan tenaga sarjana yang belum memiliki pekerjaan di desa untuk mengelolanya.

"Berdayakan semua pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh para sarjana yang ada untuk mengelola sumber daya desa dan menggerakkan Bumdes tersebut. Ini tentu menjadi salah satu kekuatan dalam membangun perekonomian desa yang lebih baik," tuturnya.

Karolin menambahkan, saat ini Dana Desa yang diberikan oleh pemkab Landak untuk pemerintah desa baru mencapai 5 persen dari APBD.

Dirinya berharap, pada tahun 2017 mendatang, Dana Desa itu bisa meningkat menjadi enam sampai tujuh persen.

"Agar lebih maksimal, sampai tahun lima tahun kedepan, Dana Desa yang bersumber dari APBD harus bisa mencapai 10 persen. Ini tentu harus menjadi perhatian utama bagi Pemkab Landak, agar pembangunan di tingkat desa bisa lebih maksimal," katanya. Seperti yang dikutip dari www.antarakalbar.com/ (Red/Y)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS