Jakius Sinyor Menerima Penghargaan Dari Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR

Selasa, 22 November 2016

Jakarta (Sorot Post)-  Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat melalui  Ir. Jakius Sinyor menerima penghargaan dari Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR pada selasa (22/11/2016) yang sekarang merangkap menjabat Pj. Bupati Landak yang mewakili Sekretaris Daerah (Sekda)  Provinsi Kalbar siang tadi.
Kegiatan yang dilaksanakan di Jakarta adalah membahas tentang Perda Bangunan Gedung.
Seperti yang dilansir dari berita PU-Net bahwa upaya untuk mengaktifkan gugus tugas dalam melaksanakan penghematan penggunaan energi dan air bersih di setiap unit kerja. Selain itu, kegiatan ini juga untuk mengevaluasi dan melihat hasil capaian penghematan energi dan air yang telah dapat dilakukan pada tahun 2016,” kata Anita Firmanti.

Terkait penghematan energi dan air, salah satu gedung di lingkungan Kementerian PUPR yaitu Gedung Utama, menerima Penghargaan ASEAN Energy Awards 2016 sebagai Pemenang (Winner) dalam kategori Large Green Building, Green Building Awards. Penghargaan tersebut disampaikan oleh Organizing Committee dari ASEAN Energy Business Forum 2016 yang dilaksanakan di Myanmar pada 21 September 2016.

Sesuai dengan Master Plan Perkantoran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, seluruh bangunan yang berada di kawasan Kementerian PUPR harus menerapkan kaidah-kaidah hemat dalam penggunaan energi dan air, termasuk kawasan halamannya juga harus ramah lingkungan.

Untuk bangunan eksisting akan dilakukan retrofitting secara bertahap, sehingga diharapkan 3 atau 5 tahun kedepan seluruh bangunan di lingkungan kantor Pusat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sudah menjadi kawasan  ”green site”, terutama hemat dalam penggunaan energi dan air.

Dalam upaya memperbaharui Kepmen PU no. 546/KPTS/M/2011 tentang Pembentukan Gugus Tugas Penghematan Energi dan Air di lingkungan Kementerian PUPR agar sesuai dengan perubahan organisasi Kementerian PUPR, maka akan disusun sebuah Revisi dari Kepmen tersebut dimana isinya agar semua Balai-balai di daerah yang berada di lingkungan Sekretariat Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dapat melaksanakan tugas-tugas antara lain :

Menyusun rencana kerja program HEA (Hemat Energi dan Air)
Menetapkan target HEA
Membuat SOP untuk pelaksanaan HEA
Memantau serta mengevaluasi implementasi HEA
Melaporkan hasil pelaksanaan program HEA
Apabila semua Balai-balai yang ada telah melaksanakan program penghematan energi & air, maka seluruh Kementerian PUPR akan dapat menjadi Kementerian berpredikat ”green campus” yang hemat energi dan ramah lingkungan.

”keberhasilan penghematan Energi dan Air ini sangat dipengaruhi oleh perilaku. Karena perilaku penggunaan energi yang boros ini secara umum 80% disebabkan oleh faktor manusia, dan hanya 20% faktor teknis,” jelasnya. Untuk bisa merubah perilaku tersebut bukanlah hal yang mudah, membutuhkan waktu, kesabaran dan sosialisasi harus dilakukan terus menerus sehingga manjadi perilaku yang diharapkan. (Red. Y)

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS