Pelebaran Jalan Di Kota Ngabang Masih Menunggu Pembebasan Lahan

Jumat, 28 Oktober 2016

Landak (Sorot Post) - Mengenai rencana pelebaran jalan di kota Ngabang, Pj Bupati Landak Jakius Sinyor menerangkan, bahwa rencana pelebaran jalan di Kota Ngabang tersebut,  pihaknya sudah menghubunggi Kementrian.

"Fisiknya juga ada untuk dana tersebut. Tapi karena masalah sosial menyangkut masalah pembebasan lahan, jadi belum bisa dikerjakan," ujarnya kepada wartawan pada Jumat (28/10/2016).


Jakius menyampaikannya lagi, bahwa masalah itu adalah salah satu komitmen atau pernyataan Kepala Daerah. "Seharusnya kalau masalah pernyataan itu selesai, uang yang cair itu bisa kita laksanakan di sini," katanya.

Masalah pembebasan lahan pun sudah di tanya oleh Jakius yang ternyata dimana proses pembebasan lahan itu sendiri masih dalam proses, dan jika dibawah 5 Ha akan menjadi kewajiban dari Kabupaten.

"Tapi kemarin saya tanya kepada tim pembebasan, itu masih dalam penghitungan. Sedangkan untuk uji publik yang merupakan peroses pembebasan lahan sudah dilakukan," ungkapnya.

Jika dengan uji publik dimana masyarakat menyatakan itu setuju, maka keluar keputusan Bupati dan itu juga sudah ada. "Jadi kalau keputusan Bupati sudah ada, berarti kita tinggal negosiasi," terangnya.

Negosiasi akan dilakukan melalui tim official yang artinya tim yang bersifat independen. Karena sesuai dengan Undang-Undang (UU) nomor 2 tahun 2012, tentang pembebasan lahan untuk kepentingan umum.
Sedangkan untuk panjangnya, berdasarkan ide Kementrian PU sepanjang 15 KM dari pal 10 sampai dengan Tebedak. "Kita berusaha yang di dalam kota, kalau permasalahan tidak terlalu ekstrim bisa 1-1,5 KM dulu dikerjakan tahun 2017," pungkasnya. (Red/Y)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS