KUNJUNGAN KERJA BUPATI MELAWI KE DESA BLOYANG TAHUN 2016

Sabtu, 15 Oktober 2016

Melawi (Sorot Post) - Bupati Melawi Panji, S.Sos melakukan kunjungan kerja ke desa bloyang kecamatan belimbing hului, sekaligus menghadiri deklarasi desa bloyang sebagai desa open defecation free (ODF) atau desa bebas buang air besar sembarangan pada kamis (13/10) lalu.

Dalam kunjungan tersebut bupati Panji dengan didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan melawi dr.  Ahmad Jawahir, serta sejumlah pejabat SKPD di lingkungan Pemkab Melawi. Turut pula hadir para kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh adat dan masyarakat desa bloyang.


Desa yang mendeklarasikan ODF ini merupakan desa yang sudah menyadari dan mandiri untuk berupaya secara bersama-sama tidak membiasakan diri buang air besar sembarangan. Dengan deklarasi itu bukan berarti masyarakat desa terjamin tidak ada lagi yang buang air sembarangan. Akan tetapi mereka telah berupaya melakukan langkah-langkah secara bersama agar tidak ada lagi yang BAB sembarangan.

Bupati Melawi Panji menuturkan, kegiatan ini patut diapresiasi sebagai reaksi kepedulian masyarakat terhadap lingkungan yang bersih dan sehat. Ditegaskannya, jika ini mampu menjaga agar masyarakat di desanya benar-benar terbebas dari BAB sembarangan maka Pemkab akan memberikan perhatian khusus.
“Bentuk perhatian itu misalnya pembangunan sarana umum untuk sanitasi, pembangunan jamban keluarga, jamban publik, sarana air bersih dan sebagainya,” tuturnya.

Sebagian besar masyarakat melawi, terutama masyarakat yang tinggal di kawasan daratan masih BAB sembarangan di berbagai tempat dan paling banyak BAB di perkebunan, selain itu warga yang tinggal di bantaran sungai sebagian juga dikategorikan BAB sembarangan dan sudah menjadi kebiasaan sejak lama. (Hadi)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS