KPU Landak Tunggu SK KPU RI Terkait Desain Surat Suara Dengan Satu Paslon

Rabu, 19 Oktober 2016

Landak (Sorot Post) - Pilkada Landak tahun 2017, hanya memiliki 1 Pasangan Calon yaoti Pasangan Carolin - Heriadi. Sesuai dengan Undang-undang No. 10 tahun 2016 pada pasal 54 huruf c dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 14 tahun 2016, Pemilu dengan hanya satu pasangan calon tetap dilaksanakan dengan menggunakan surat suara.


Hal inipun Juga akan berlaku juga pada pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Landak pada 2017 mendatang yang dipastikan akan diikuti hanya satu pasangan calon.

Ketua KPU Landak, Lomon, mengatakan  sesuai  dengan Undang - Undang dan PKPU tersebut, surat suara dalam Pemilu yang hanya diikuti satu pasangan calon memuat dua kolom yang akan dipilih oleh masyarakat pemilih.

“Kolom tersebut terdiri dari satu kolom memuat foto pasangan calon dan satu kolom kosong yang tidak bergambar,” ujar Lomon, Rabu (19/10).

Namun demikian kata Lomon, ketentuan berkenaan desain surat suara dengan hanya satu pasangan calon masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari KPU RI.

“Sampai saat ini kita belum dapat SK itu. Namun yang jelas, sarana yang digunakan dalam Pilkada dengan calon tunggal, seperti yang saya jelaskan tadi,” katanya.

Dikatakan Lomon, pelaksanaan Pilkada dengan satu pasangan calon tersebut memang baru pertama kalinya terjadi di Kalbar.

“Kebetulan terjadinya pada Pilkada Landak. Tapi hal ini memang menjadi pekerjaan kita untuk mensosialisasikan dengan pemilihan satu pasangan calon ini,” janjinya.

Ia juga meminta kepada pemerintah dalam hal ini Pemkab Landak untuk memfasilitasi kegiatan yang ada di KPU, termasuk memberikan sosialisasi Pilkada kepada masyarakat.

“Hal ini sudah menjadi kewajiban dari pemerintah dan sesuai UU No. 15 tahun 2011 tentang penyelenggara. Kitapun sudah bertemu dengan Pj Bupati Landak. Intinya Pemkab Landak akan turun untuk melakukan sosialisasi. Demikian juga dengan Parpol dan calon bisa melakukan sosialisasi, sehingga masyarakat kita bisa memahami bahwa pemilihan dengan satu paslon diatur juga sesuai UU,” ungkapnya. (Red/Y)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS