Tahapan Pilkada Landak Masuki Pencocokan dan Penelitian Daftar Pemilih

Kamis, 08 September 2016

Landak, (Sorot Post) – Tahapan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Landak yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat sudah memasuki tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih.
Tahapan coklit tersebut akan berlangsung selama 30 hari dari 8 September hingga 7 Oktober mendatang. Menurut komisioner KPU Landak, Reni, belum lama ini pihaknya sudah menerima hasil sinkronisasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir dan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang didapat dari KPU Pusat.

“Data pemilih inilah yang nantinya kita turunkan untuk dilakukan coklit oleh Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) yang sudah kita rekrut dan sudah dilakukan bimbingan teknis (Bimtek). Kitapun sudah melakukan sosialisasi berkaitan dengan kegiatan pemuktahiran data pemilih ini,” ujar Reni, Kamis (8/9).
Dijelaskannya, dalam pemuktahiran data pemilih tersebut, pihaknya masih
menggunakan Peraturan KPU No. 4 tahun 2015.
“Sebab Peraturan KPU terbaru tentang data pemilih ini belum ada. Dengan demikian kita tetap mengacu pada aturan yang lama. Nah, berdasarkan UU No. 10 tahun 2016 dan Peraturan KPU No. 4 tahun 2015 itu, kitapun melakukan tahapan pemuktahiran data pemilih. Harapannya, data pemilih yang kita miliki bisa aktual, valid dan komprehensif,” harapnya.
Ditambahkan Reni, untuk jumlah PPDP yang sudah direkrut tetap berbasiskan jumlah TPS DPT Pemilu terakhir pada tahun 2014 lalu.
“Untuk di Landak ada 1000 TPS pada pelaksanaan Pemilu tahun 2014 lalu. Oleh karena itu, kita merekrut PPDP sebanyak 1000 orang. Untuk satu orang PPDP akan menangani satu TPS,” terangnya.
Ia berharap pada pelaksanaan coklit data pemilih tersebut, ada partisipasi aktif bagi semua pihak terkait, terutama masyarakat.
“Nantinya PPDP akan door to door mendatangi rumah penduduk untuk melakukan pendataan. Setelah didata dan dicatat, PPDP akan menempelkan stiker di rumah penduduk sebagai tanda bahwa penduduk di rumah tersebut sudah didata oleh PPDP,” katanya.(Red/Y)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS