Prosesi Adat Di PKS PTPN XIII Parindu Sudah Genah

Kamis, 01 September 2016

Sanggau, Parindu ( Sorot Post) -   Buluh Empirit dan dusun Pasok desa Binjai kecamatan tayan hulu,saat ini sudah di selesaikan sesuai dengan mekanisme yang ada.
Manajer PKS PTPN XIII Parindu,Agus budi,mengatakan persoalan limbah pabrik sawit yang telah mencemari air sungai Sengorit dusun
Hal ini di buktikan telah di adakan prosesi Adat,yang tentunya melibatkan tokoh adat,tokoh masyarakat dan pihak manajemen PTPN XIII,dan menyangkut tututan masyarakat dusun Buluh Empirit untuk mengantisipasi air bersih,pihak PTPN XIII menyanggupi  mengadakan penambahan tanggul dan melebarkan kolam air bersih dengan menggunakan alat berat,dan juga bersedia mengadakan pembelian Bak air Pengguin dengan kapasitas 2000 liter,dan bahkan pihak PTPN XIII ini juga bersedia mengadakan prosesi adat (baremah-red).
“persoalan limbah sudah genah,pihak PTPN XIII telah menyelesaikan denga pihak-pihak yang berkompeten,semua tuntutan masyarakat dusun Buluh Empirit dan dusun Pasok sudah kita kabulkan,dan adapun nilai adat prosesi “baremah” tersebut senilai Rp 6.457.000,”kata agus budi ini dengan ramah.
Di tempat terpisah,General Manager Distrik Kalbar II PTPN XIII parindu Sutek P Mulih,membenarkan bahwa adanya permasalahan limbah tersebut, namun pihaknya langsung turun tangan untuk menperbaikinya dan menyelesaikan adatnya.
“Manager dan staf-staf saya sudah turun tangan untuk perbaiki itu semua, mereka juga sudah berkoordinasi dengan masyarakat setempat,” katanya.(Sumianto)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS