PKS PTPN XIII Ngabang, Melanggar Aturan Ketenagakerjaan

Kamis, 08 September 2016

NGABANG (SOROT POST) - Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Kabupaten Landak akhirnya memanggil pihak manajemen Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PTPN XIII Ngabang.
Pemanggilan tersebut untuk menindaklanjuti laporan dari tenaga Buruh Harian Lepas (BHL) PKS PTPN XIII Ngabang yang disampaikan ke Bidang Tenaga Kerja (Naker) Disosnakertrans Landak belum lama ini.
Pertemuan yang berlangsung Rabu siang (7/9) dihadiri para tenaga BHL, FSB Kamiparho Landak, Manajer PKS PTPN XIII Ngabang dan Kepala Bidang (Kabid) Naker Disosnakertrans Landak.
Ditemui usai pertemuan, Kabid Naker Disosnakertrans Landak, Yudhi Kuswara menilai, memang banyak aturan-aturan ketenagakerjaan yang dilanggar oleh PKS PTPN XIII Ngabang.


“Oleh karena itu, tenaga BHL meminta supay ditinjau kembali sistim pengupahan. Kemudian, meminta dipertimbangkan untuk diangkat status karyawan dari BHL ke karyawan harian tetap,” ujar Yudhi.
Selain itu katanya, selama ini pihak PKS PTPN XIII Ngabang tidak pernah membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) keagamaan kepada tenaga BHL.
“Kami minta perusahaan setiap tahun harus membayar THR kepada tenaga BHL. Sebab mereka juga karyawan. Perusahaanpun kita wajibkan untuk mengikutsertakan karyawan BHL nya pada program BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan,” harapnya.
Namun demikian, tuntutan dari tenaga BHL tersebut akan disampaikan lagi ke pihak Direksi PTPN XIII di Pontianak. Sebab, Manajer PKS PTPN XIII Ngabang tidak bisa memberikan keputusan terhadap tuntutan tenaga BHL itu.
“Makanya pada 22 September mendatang kami akan memanggil direksi PTPN XIII di Pontianak untuk mendengar tanggapan dari tuntutan BHL tersebut,” kata Yudhi.(Red/Y)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS