Perusahaan Sawit Diminta Bupati Pekerjakan Tenaga Kerja Lokal

Selasa, 27 September 2016

Kapuas Hulu, (Sorot Post) –  Saat ini sudah banyak perusahaan sawit yang beroperasi di wilayah Kapuas Hulu, namun penyerapan tenaga kerja asal Kapuas Hulu sendiri masih kurang. hal ini disebabkan oleh kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) dengan bidang kerja yang tersedia sehingga pihak perusahaan mendatangkan tenaga kerja dari luar.
 

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir meminta perusahaan sawit hendaknya dapat merekrut tenaga kerja pribumi, untuk mendukung produksi perkebunan. Kapuas Hulu sendiri kata Bupati tengah mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang dibutuhkan.

“Kita dengan adanya PDD Polnep di Kapuas Hulu tengah menyiapkan SDM untuk bidang perkebunan. Tentu kita minta agar perusahaan perkebunan yang ada di Kapuas Hulu ini dapat menggunakan mereka nanti,” ujar Bupati, disela menghadiri kegiatan PDD Polnep Kapuas Hulu, Senin (26/9).

Bupati menilai, selama ini memang penyerapan tenaga kerja asal Kapuas Hulu oleh pihak perusahaan perkebunan masih kurang. Hal ini dikatakan kerana kurangnya kemampuan SDM  dengan bidang kerja yang disediakan sehingga banyak di datangkan dari luar.

“Tapi kalau daerah sudah mampu mencetak SDM tersebut, hendaknya pihak perusahaan dapat mempertimbangkan untuk mengunakannya,” tegas Bupati.

Untuk memenuhi kurangnya SDM tersebut , saat ini Pemkab Kapuas Hulu telah berupaya untuk menghadirkan perguruan tinggi untuk mendukung peningkatan kualitas SDM  itu sendiri. dengan harapan dengan hadirnya  perguruan tinggi di Kapuas Hulu diharapkan pula hadir SDM yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan Kapuas Hulu.

“Menghadirkan perguruan tinggi PDD di Kapuas Hulu bukanlah hal yang mudah, setelah ada, jurusannya pun sudah ditargetkan ke jurusan yang memang diperlukan daerah. Ini upaya kita untuk meningkatkan SDM yang ada, dan harapannya, kedepan dapat mendorong pembangunan Kapuas Hulu ini,” tutup Nasir. (Raj)

Editor  : Philipus

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS